★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Memaksimalkan Performa Kecepatan Yamaha Byson Karbu



Cara Memaksimalkan Performa Kecepatan Yamaha Byson Karbu


Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai cara memaksimalkan performa kecepatan dari Yamaha Byson Karbu.


Sob, kendati Yamaha Byson sudah tidak diproduksi lagi (artikelnya baca di sini), namun nampaknya Yamaha Byson terutama yang berjenis karbu masih banyak dipakai oleh sebagian orang di Indonesia.

Banyak yang bertahan dengan Yamaha Byson karbu hingga ada yang membeli sepeda motor Yamaha Byson karbu secara bekas. Hal tersebutlah yang menyebabkan Yamaha Byson karbu masih tetap ada sampai sekarang.

Yamaha Byson dengan sistem karburator sendiri memiliki bodi yang serba gendut, mulai dari cover tangki, ban, velg, hingga suspensi depan.

Gembotnya bagian-bagian tersebut membuat Yamaha Byson karbu dikategorikan sebagai salah satu motor dengan kubikasi 150 cc yang memiliki performa buruk atau lemot.

Nah bagi kalian yang punya Yamaha Byson dengan sistem karbu dan merasa jengkel dengan performa terutama performa kecepannya, yuk simak artikel ini hingga tuntas. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan guna meningikatkan performa kecepatan dari Yamaha Byson karbu.

1. Ganti Intake Manipol Karbu Menjadi Lebih Pendek

Yang pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengganti intake manipol karburator dari Yamaha Byson. intake manipol dari Yamaha Byson karbu terbilang cukup panjang karena harus menopang pulang lubang AIS. Alhasil dari segi suplai bahan bakar pun sedikit lebih lama. Oleh karenannya mengganti intake manipol karbu ke ukuran yang lebih pendek dapat membantu percepatan suplai bahan bakar. Sekarang sudah banyak kok yang menjual intake manipol pendek untuk Yamaha Byson karbu, terutama pada situs jual beli online. Oh iya, jika intake manipol ini sudah diganti, maka kita harus mengubah posisi selang filter udara, karena nantinya selang filter udara akan kurang panjang dan tidak dapat terpasang.

2. Ganti Karbu Vakum Ke Karbu Konvensional

Langkah kedua bila dirasa penggantian intake manipol masih kurang nendang adalah dengan mengganti karburator bawaan Yamaha Byson karbu ke Karburator dengan sistem konvensional. Karbu bawaan Yamaha Byson masih berjenis vakum sehingga kurang optimal kinerjanya, oleh karenannya kita bisa mengganti karbu bawaan Yamaha Byson ke karbu konvensional semisal PE 26 atau PE 28. Jangan lupa sesuaikan kembali Main jet dan Pilot jet karbu konvensionalnya dan jangan lupa pula untuk mengganti kabel gas bawaan dari Yamaha Byson, karena kabel gas bawaan dari Yamaha Byson karbu tidak PNP ke karbu konvensional. Sebagai alternatif, kita bisa gunakan gas spontan universal untuk karbu konvensional.

3. Potong Katalis Pada Knalpot

Selanjutnya jika kurang menggigit, kita bisa potong katalis pada knalpot Yamaha Byson. Katalis ini memang cukup membuat aliran udara hasil pembakaraan dari mesin menjadi terhambat. Memang sih emisi gas buang jadi lebih rendah, namun hal tersebut harus dibayar dengan performa dari Yamaha Byson dalam berlari cukup tertahan.

4. Ganti Knalpot Ke Knalpot CKD KW

Selanjutnya jika kalian tidak ingin repot-repot mengubah knalpot bawaan dari Yamaha Byson, kalian bisa gunakan knalpot CKD KW yang terbukti cukup cocok untuk Yamaha Byson.

5. Ganti CDI Ke CDI Racing

Selanjutnya kalian bisa mengganti CDI bawaan Yamaha Byson karbu ke CDI aftermarket yang memiliki batas RPM cukup tinggi. Sudah cukup banyak kok CDI aftermarket untuk Yamaha Byson yang memiliki performa menjanjikan. Namun jika kalian memilih menggunakan CDI copotan dari motor lain semisal CDI Yamaha Mio, kalian harus paham kosekuensinya yang kami jelaskan dalam artikel ini.

6. Tutup Lubang AIS

Selanjutnya adalah menutup lubang AIS, lubang AIS ini berfungsi untuk menekan emisi gas buang. Namun sekali lagi lubang AIS ini punya andil besar dalam menahan performa Yamaha Byson karbu. Jika kalian ingin menutup lubang AIS, selahkan baca artikelnya di sini.

7. Ubah Final Ratio Gear Set

Selanjutnya adalah mengubah final ratio gear set atau mengubah gir pada Yamaha Byson. cukup ubah gir belakang saja yang awalnya menggunakan gir dengan 40 mata menjadi gir dengan jumlah 42 mata. Oh iya, jika gir kalian sudah pada aus atau bengkok, mending ganti secara satu set saja, karena jika hanya diganti salah satu bagian saja, maka kemungkinan gir akan sedikit bergetar hingga oblak.

8. Ganti Koil Ke Koil Racing

Selanjutnya adalah mengganti sistem pengapian yakni koil. Kalian bisa menggunakan koil racing aftermarket dipasaran yang berharga tidak begitu mahal.

9. Ganti Busi Ke Busi Iridium

Langkah selanjutnya setelah mengganti koil adalah mengganti businya ke busi iridium. Harganya memang lebih mahal ketimbang busi bawaan Yamaha Byson, namun performanya bisa kalian andalkan.

10. Gunakan Oli Yang Kental

Langkah selanjutnya adalah menggunakan oli yang kental atau sesuai dengan spesifikasi dari Yamaha Byson karbu. Banyak yang menggunakan oli racing pada Yamaha Byson karbu, oli tersebut memiliki kekentalan yang teramat encer, efeknya adalah awalan pemakaian menjadi bringas, namun seiring waktu malah membuat kampas kopling jadi mudah aus. oleh karenannya gunakan saja oli dengan kekentalan yang dianjutkan Yamaha Byson, kalian bisa baca artikelnya di sini.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, semoga bermanfaat dan mohon maaf jika tidak begitu lengkap. Namun jika ada dari kalian yang ingin menambahkan, silahkan tambahkan pada kolom komentar hehe. Sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript