-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ganti Knalpot Malah Jadi Nembak-Nembak? Nih Artikel Cara Mengatasi Knalpot Yamaha Byson Yang Nembak-Nambak




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi knalpot Yamaha Byson yang nembak-nembak.


Nah sobat, pasti banyak di antara kita yang mengganti knalpotnya ke knalpot yang non standar dari Yamaha Byson. Baik itu mengganti ke knalpot racing maupun ke knalpot standar dari pabrikan lain.

Setelah mengganti knalpot standar dari Yamaha Byson ke knalpot lain, masalah yang akan muncul biasanya adalah knalpot jadi nembak-nembak, terlebih bila dalam keadaan turun atau melepas gas.

Bila sudah begini, cukup mengganggu juga didengarnya. Nah sebetulnya bila kita mengganti elemen pada motor, tentunya kita harus melakukan pengaturan ulang pada bagian elemen lain pada motor. Terlebih pada bagian yang saling berhubungan.

Dalam kasus nembak-nembak ini, sebetulnya masalahnya adalah karena stelan angin pada Yamaha Byson yang terlalu kecil atau irit. Dan bila terlalu kecil maka kosekuensinya adalah knalpot menjadi nembak-nembak.

Yamaha byson karbu menggunakan jenis karbu vakum, maka dari itu stelan anginya dapat dikatakan sangat minim sekali pengaturannya. Artinya walau stelan angin pada Yamaha Byson diperbesar, tetap saja suplai angin segitu-gitu saja. Hal tersebut karena toleransi stelan angin pada karbu vakum maksimalnya hanya sekitar 15%.

Pun begitu dengan Yamaha Byson injeksi, tak ada stelan angin pada sistem injeksi yang dapat diatur secara manual. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatur stelan angin pada Yamaha Byson injeksi hanya dapat dilakukan dengan menambah CO.

Hal mudah yang dapat dilakukan dalam mengatasi knalpot nembak-nembak pada Yamaha Byson adalah dilakukan dengan cara menutup lubang AIS.

Kami sendiri menutup lubang AIS yang menuju kepala silinder. AIS sendiri terletak pada sebelah kanan tangki Yamaha Byson. Oleh sebab itu, untuk menuju AIS pada Yamaha Byson karbu, kita harus membuka terlebih dahulu cover tangki sebelah kanan.

Lihat saja gambar di bawah ya:


Ganti Knalpot Malah Jadi Nembak-Nembak? Nih Artikel Cara Mengatasi Knalpot Yamaha Byson Yang Nembak-Nambak

Pada gambar di atas, terlihat ada selang paling besar yang terhubung pada lubang yang menuju AIS (Nanti akan ada dua selang. Yang satu tertuju pada mesin dan yang satu lagi terhubung pada manipul karbu).

Kami hanya menyumbat atau menutup selang AIS yang tertuju pada mesin. Kami sumpal dengan baut L berukuran 12 mm dengan posisi kepala baut terlebih dahulu terbenam pada selang dan badan baut kami sisakan untuk tertuju pada lubang AIS.

Efeknya bagaimana? Entahlah kami sendiri langsung merasa Yamaha Byson lebih beringas terutama soal nafas. Selain itu, nembak-nembak juga berkurang intensitasnya, kendati sesekali tetap ada.

PERINGATAN.
PADA ARTIKEL DI LUARAN SANA ADA YANG TIDAK MENGAJURKAN MENUTUP LUBANG AIS KARENA DINILAI BERBAHAYA BAGI MESIN. OLEH KARENA ITU KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEGALA KEMUNGKINAN BURUK YANG DAPAT TERJADI PADA MESIN YAMAHA BYSON KALIAN HEHE.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript