-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Hasil Race Moto2 Hari Ini

 

Hasil Race Moto2 Hari Ini

Kumpulan artikel hasil Race Moto2 Hari ini terupdate dan terpercaya, silahkan pilih judul hasil Race Moto2 di bawah ini:

    Hasil Race Moto2

 

Keterangan: Post diurutkan berdasarkan yang terupdate.

Kejuaraan Dunia Moto2 (nama resminya adalah FIM Moto2 World Championship) atau sering disebut sebagai Moto2 adalah seri dan kelas balap sepeda motor kasta kedua di bawah kelas utama MotoGP.

 

Moto2 sendiri pertama kali diperlombakan sejak tahun 2010 dan menggantikan kelas sebelumnya yakni kelas GP250 cc.

 

Moto2 sendiri menjadi kelas menengah yakni di atas kelas Moto3 dan di bawah kelas MotoGP. Di Indonesia, ajang Moto2 cukup banyak digemari, pasalnya kerap ada pembalap dan tim asal Indonesia yang berkancah di kelas Moto2.

 

Sejarah Moto2

Di tahun 2010, Moto2 resmi diperkenalkan dari yang semula bernama kelas 250cc (GP250cc). perubahan nama ini dinilai perlu, sebab regulasi baru tentang kapasitas mesin tidak lagi terbatas di kubikasi 250 cc, selain itu ada pula kebijakan mengenai pemasok mesin yang harus dari satu merek pabrikan saja.

 

Selain itu, alasan FIM mengubah regulasi kelas 250cc adalah untuk menjamin komitmen ekonomis yang lebih rendah dari seluruh tim peserta karena sebelumnya kelas 250cc hampir mirip dengan kelas 500cc atau MotoGP dengan pabrikan yang bebas mengembangkan sepeda motor (id.wikipedia.org).

 

Kala itu di tahun 2010, para tim yang belum siap dengan regulasi baru masih diperbolehkan menggunakan motor bermesin 2 tak dengan kubikasi 250 cc (regulasi lama).

 

Race Moto2 perdana diawali di Qatar pada tahun 2010 dan dimenangkan oleh Shoya Tomizawa. Sayangnya pembalap asal Jepang tersebut meninggal dunia setelah beberapa bulan berikutnya mengalami kecelakaan fatal di sirkuit Misano.

 

Berbeda dengan kelas GP250cc, kini motor-motor di kelas Moto2 menggunakan mesin yang kubikasinya ada di angka 600cc hingga 765cc, cukup besar bukan?

 

Di tahun 2010 hingga tahun 2018, penyuplai mesin ada di pabrikan Honda, sedangkan sejak tahun 2019, penyuplai mesin ada di tangan Triumph (regulasi bisa berubah).

 

Pada tahun 2010 hingga 2018, mesin yang digunakan berkontruksi inline-four atau sejajar dengan 4 silinder. Sedangkan mulai tahun 2019, mesin yang digunakan berkontruksi inline-three atau mesin segaris dengan 3 silinder.

 

Dan berbeda dengan regulasi lama, kini motor di kelas Moto2 wajib menggunakan mesin dengan jenis 4 tak dan bukan 2 tak lagi.

x