★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ganti CDI Yamaha Byson Karbu Pakai CDI Mio? Awas Indikator RPM Mati


Ganti CDI Yamaha Byson Karbu Pakai CDI Mio? Awas Indikator RPM Mati
Sumber Bukalapak.com
Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai penggantian CDI Yamaha Byson menggunakan CDI dari Yamaha Mio yang dapat menyebabkan indikator RPM pada speedometer menjadi tidak berfungsi atau mati.


Salah satu komponen yang banyak diubah atau diupgrade pada sepeda motor adalah CDI. CDI merupakan komponen yang memodifikasi kelistrikan menjadi pengapian guna disalurkan pada busi.

CDI ini juga membatasi pengapian pada RPM tertentu juga membatasi pengapian pada posisi piston tertentu.

Karena hal tersebutlah kadang banyak bikers yang mengupgrade CDI motornya pada CDI unlimeter atau CDI dari motor lain yang memiliki batas pengapian lebih besar.

Nah jika CDI sudah diganti pada CDI yang unlimeter atau CDI dengan batas pengapian lebih tinggi, maka kemungkinan nafas sepeda motor akan menjadi lebih panjang serta kemungkinan mencapai top speed akan lebih cepat.

Oh iya, CDI ini pada motor injeksi serupa dengan ECU, sedangkan pada motor zaman dulu CDI ini serupa dengan platina.

Oke kembali lagi pada pembahasan utama yakni penggantian CDI dari Yamaha Byson ke CDI Yamaha Mio yang terkenal memiliki limit putaran lebih tinggi dan daya pengapian lebih besar dari bawaan Yamaha Byson karbu.

Perlu dingat bahwa CDI dari Mio sangat tidak PNP dengan soket dari Yamaha Byson. Karena Yamaha Mio karbu masih menggunakan speedometer analog, maka pengaturan dari CDI Mio tidak ada pengaturan untuk indikator RPM.

Sehingga bila CDI Yamaha Mio dipasangkan pada Yamaha Byson karbu dengan cara membuat ulang jalur kabel, maka kemungkinan indikator RPM pada speedometer digital Yamaha Byson akan tidak berfungsi.

Memang secara performa akan meningkat dari segi nafas, namun hal tersebut harus dibayar dengan matinya indikator RPM pada speedometer Yamaha Byson.

Nah bagi yang punya dana lebih, mungkin bisa beli CDI unlimeter Yamaha Byson karbu yang memiliki performa di atas dari CDI Yamaha Mio karbu dan tidak memiliki kelemahan dari sisi matinya indikator RPM di speedometer.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript