Berita MotoGP Terbaru

Berita MotoGP Terbaru


Kumpulan artikel terupdate dan terpercaya mengenai berita MotoGP terbaru. Silahkan pilih judul berita MotoGP terbaru di bawah ini:

    Berita MotoGP

Keterangan: Artikel diurutkan berdasarkan yang terupdate.

 

Tentang MotoGP

MotoGP merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia termasuk di Indonesia. MootGP sendiri merupakan ajang kejuaraan Grand Prix balap motor yang mempertandingkan motor-motor prototype dari beberapa perusahaan seperti Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, Aprilia, KTM, dan lain sebagainya.

 

Di kelas MotoGP, biasanya akan mempertandingkan sebanyak 22 pembalap dalam satu kali balapan. Namun terkadang bisa kurang (karena insiden) maupun bisa lebih karena ada pembalap wildcard.

 

MotoGP atau FIM MotoGP World Championship adalah kelas utama dari seri balapan Grand Prix sepeda motor internasional.

 

MotoGP sendiri sangat kental dengan nama lain yakni kelas 500cc atau GP500 bermesin 2 tak yang pertama kali digelar pada tahun 1949.

 

Kelas MotoGP sendiri awalnya bermula dari perubahan regulasi untuk kelas 500cc pada tahun 2002, dimana musim itu juga disebut sebagai musim transisi.

 

Tahun balap 2002 sendiri menjadi musim terakhir dalam penggunaan mesin berjenis dua tak atau dua langkah yang diperlombakan dalam kelas utama.

 

Terhitung sejak tahun 2002 hingga 2006, pertama kalinya para pabrikan diizinkan untuk memperbesar kapasitas mesin berjenis 4 tak dengan maksimum kubikasi hingga 990cc.

 

Kemudian regulasi berubah menjadi 800cc pada musim 2007, dan pabrikan juga diperbolehkan untuk memilih kontruksi mesin mulai dari tiga hingga enam silinder dengan batas bobot mesin yang sudah ditentukan.

 

Dari gebrakan langkah tersebut, maka kelas 500cc secara perlahan mulai diganti dengan kelas MotoGP. Namun meski kelas MotoGP telah lahir, diawal-awal masa transisi masih ada tim yakni tim satelit yang menggunakan motor bermesin 2 tak dengan kubikasi sebesar 500cc, meski memang tim satelit tersebut terlihat sangat kedodoran dalam berkompetisi kala itu.

 

Pada tahun 2012, kapasitas mesin sepeda motor di kelas MotoGP kembali dinaikan di angka maskimal 1000cc, dan di periode mendatang, tidak menutup kemungkinan bahwa regulasi kubikasi mesin akan diubah baik itu diturunkan maupun dinaikan.