Tuas Rem Cakram Motor Melawan Saat Ditekan? Periksa Kabel Remnya!


Tuas Rem Cakram Motor Melawan Saat Ditekan? Periksa Kabel Remnya!


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai tuas rem cakram motor yang melawan atau berontak ketika tengah digunakan atau tengah kita tekan.


Biasanya kejadian seperti ini akan terjadi pada rem cakram depan motor dengan penggunaan minyak rem atau rem cakram tanpa perantara kawat.

Kondisi melawan atau berontak pada tuas rem cakram di sini adalah ketika kita menekan tuas rem, maka tuas rem seolah-olah melawan dan enggan ditekan.

Bila hanya melawan mungkin tak apa, tapi bila berpengaruh terhadap pengereman, maka ini sudah apa-apa.

Seperti yang kami alami beberapa hari kemarin, dimana tuas rem kami melawan ketika kami tekan tuas remnya.

Parahnya lagi ketika berbelok ke kiri atau ke kanan, secara otomatis motor melakukan pengereman kendati tidak dalam keadaan pengereman yang ekstrem.

Sadar ada yang tidak beres, maka kami pun melakukan pengecekan pada area depan motor tepatnya pada sistem rem cakram depan kami.

Dan hal yang pertama kami curigai adalah kabel atau selang rem cakram depan pada motor kami. Mengapa kabel rem? Karena kabel rem menampung minyak rem dan turut andil dalam sistem pengereman.

Setelah ditelisik, ternyata kabel rem nampak tersangkut dan tertahan oleh breket head lamp. Wajar sih ya tersangkut, karena beberapa waktu lalu kami sempat melakukan pembayaran pajak lima tahunan dan terpaksa membongkar bodi set fairing kami supaya pihak Samsat dapat dengan mudah menggosok nomor rangka dan nomor mesin.

Masalahnya ada pada saat pemasangan, karena saat itu dikejar dead line untuk segera berangkat ke kampus, maka kami pun memasang dengan tempo cukup cepat. Intinya satu malam satu hari, motor sudah dilepas bodinya dan telah terpasang kembali.

Karena terburu-buru itulah, maka kami sampai tidak sempat merapihkan area perkabelan termasuk selang atau kabel rem. Sehingga kabel rem tersangkut dan membuat pengereman menjadi terganggu.

Kejadian seperti ini bukan hanya terjadi oleh motor kami saja, karena ketika kami meminjam motor teman kami pun tak jarang motor teman kami mengalami hal serupa.

Intinya untuk kalian yang mengalami hal tersebut dimana tuas rem melawan ketika ditekan, maka periksa kabel remnya. Karena bisa jadi kabel rem menjadi salah satu penyebab tuas rem melawan ketika tengah ditekan.

Periksa gerak bebas kabel rem, dan bila perlu stel atau sesuaikan panjangnya pada breket kabel rem motor kalian. Biasanya ada pada sisi halu-halu bagian kaliper rem serta pada bagian segitiga bawah motor.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Semoga bermanfaat dan akhir kata sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Tuas Rem Cakram Motor Melawan Saat Ditekan? Periksa Kabel Remnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel