Solusi Atasi Rem Cakram Baru Yang “Ngelos” Atau Kurang Gigit


Solusi Atasi Rem Cakram Baru Yang “Ngelos” Atau Kurang Gigit


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel satupiston.com. Kali ini kita akan membahas menganai solusi untuk atasi rem cakram baru yang ngelos atau kurang mengigit atau bahasa umumnya adalah blong.


Ngelos atau blong adalah kondisi dimana kampas rem cakram tidak mengigit piringan cakram dengan optimal dikarenakan piston pada kaliper rem yang kurang menekan kampas rem.

Pada kasus kaliper rem yang sudah uzur atau berumur, penyebab ngelos tersebut dapat diakibatkan oleh banyak hal. Diantaranya adalah karena minyak rem yang kurang, seal piston tersendat, angin palsu dan kabocoran pada sistem rem cakram.

Namun untuk kasus rem cakram baru yang mengalami ngelos, maka kemungkinannya adalah satu, yakni karena adanya angin palsu pada sistem rem cakram motor.

Sedikit kita bahas, biasanya bila kita membeli rem cakram baru secara satu set, biasaya kita juga sudah mendapatkan minyak rem yang sudah ada pada sistem rem cakram tersebut.

Namun minyak rem tersebut hanya sebatas diisi saja pada sistem rem cakram. Sehingga masih banyak angin palsu serta komposisi minyak remnya pun kurang padat.

Rem cakram bekerja dengan sistem tekanan minyak rem. Itu sebabnya bila minyak rem pada rem cakram tidak padat dan masih banyak angin palsunya, maka dapat dipastikan rem cakram akan mengalami ngelos.

Lalu untuk mengatasinya bagaimana? Cara mengatasinya adalah dengan melakukan bleeding atau dengan cara membuang angin palsunya.

Aktivitas bleeding ini cukup susah-susah gampang, terutama untuk bagian rem cakram belakang pada motor. Hal tersebut karena master rem sejajar dengan kaliper rem cakram belakang dan minyak rem pun dipompa oleh master rem dari bawah ke atas. Hal tersebut berbeda dengan rem cakram depan pada motor yang relatif lebih mudah karena posisi master rem yang ada di atas kaliper rem cakram depan.

Untuk melakukan bleeding sendiri sebetulnya cukup gampang, namun yang membuatnya sulit atau susah adalah karena kita tidak tahu persis kapan anginnya akan benar-benar hilang. Sehingga kita musti terus mengocok tuas rem agar minyak rem terpompa dengan padat.

Pada bengkel profesional, biasanya aktivitas bleeding ini dilakukan dengan melakukan penyedotan dari baut napel pada kaliper rem. Sehingga secara subjektif akan membuat pengerjaan lebih mudah karena kita jadi tidak usah terlalu sering mengocok tuas rem. Dan bila kita melakukan secara manual, maka kemungkinan akan sedikit memakan waktu dan tenaga.

Adapun untuk melakukan bleeding secara manual adalah sebagai berikut:

1. Siapkan kunci untuk membuka baut pebuangan atau baut napel pada kaliper rem. Biasanya menggunakan kunci berukuran 8 mm. Maka siapkan saja kunci ring atau kunci T berukuran 8 mm.
2. Siapkan minyak rem.
3. Bila yang akan di-bleeding adalah kaliper rem belakang, maka usahakan minyak rem ada di posisi atas kaliper.
4. Selanjutnya kocok tuas rem sekitar 5 sampai 10 kali.
5. Kemudian kendorkan baut pembuangan atau baut napel pada kaliper rem.
6. Biarkan sampai minyak rem keluar dan berhenti dengan sendirinya. Nanti akan terlihat gelembung yang ikut terbuang.
7. Lakukan hal tersebut sampai minyak rem hilang angin palsunya dan sudah padat seutuhnya. Jangan lupa untuk mengisi kembali minyak rem pada rem cakram bila pada tabung minyak rem sudah berkurang minyaknya.
8. Bila belum berhasil, maka siapkan tang. Kemudian lepas kaliper rem pada dudukannya menggunakan kunci yang sesuai dengan kunci pengikat pada kaliper dan dudukannya, jangan lupa tutup baut napel atau kencangkan baut napel.
9. Setelah terlepas dari dudukannya, maka selanjutnya tarik piston pada kaliper rem menggunakan tang tetapi jangan sampai terlepas.
10. Sesudah ditarik, maka lakukan proses pengocokan seperti pada langkah 4-6. Lakukan hal tersebut berulang-ulang sampai minyak rem padat.

Memang akan sedikit menjengkelkan bila dilakukan secara manual dan seorang diri. Namun dengan sedikit kegigihan, maka pasti berhasil kok. Yang penting yakin hahaha.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Solusi Atasi Rem Cakram Baru Yang “Ngelos” Atau Kurang Gigit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel