Minyak Rem Bocor Pada Motor? Cek Tutup Karet Minyak Rem


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel satupiston.com. Kali ini kita akan membahas mengenai minyak rem yang bocor pada motor.


Kasus bocornya minyak rem pada motor ini kita persempit pada wadah atau cup-nya saja. Jadi kebocoran karena akibat lain semisal karena seal master rem yang bocor tidak akan kami bahas pada artikel ini.

Kita ketahui bersama jika minyak rem merupakan piranti penting dalam sistem pengereman cakram berbasis tekanan zat cair.

Minyak rem menjadi satu-satunya penyalur daya dari master rem menuju kaliper rem untuk selanjutnya piston dalam kaliper rem menekan kampas rem yang langsung menghapit piringan rem cakram.

Kebocoran pada minyak rem harus diatasi sesegera mungkin, karena dapat menyebabkan kuantitas minyak rem berkurang dan performa pengereman menjadi menurun.

Banyak penyebab kebocoran dari minyak rem. Salah satunya adalah karena seal master rem bocor, selang rem bocor, kaliper bocor, baut napel slek,  seal piston pada kaliper rem bocor, serta karet tutup minyak rem bocor.

Pada pembahasan kali ini kita tidak akan membahas semuanya, namun hanya terfokus pada karet tutup minyak rem yang bocor.

Kobocoran pada karet tutup minyak rem dapat diakibatkan oleh banyak sebab. Salah satunya adalah karena terpapar minyak rem dengan tidak benar.

Seperti yang kami alami kemarin, dimana karet tutup minyak rem depan kami bocor karena karet yang memuai akibat terlalu lama atau tidak benar dalam terpapar minyak rem.

Minyak Rem Bocor Pada Motor? Cek Tutup Karet Minyak Rem


Ini sudah kejadian yang ketiga kalinya dalam tiga motor yang berbeda. Itu artinya motor kita atau kalian yang lain juga berpotensi mengalami hal serupa.

Ketika karet tutup minyak rem memuai, kenapa bisa menyebabkan kebocoran? Jawabannya sederhana. Hal tersebut karena karet tutup minyak rem memuai, maka posisinya akan berubah dan tidak potensial untuk menahan minyak rem pada wadahnya.

Bila sudah demikian, maka jika wadah minyak rem terguncang atau kita tengah miring-miring akan mengakibatkan minyak rem rembes dari wadahnya karena karet tutup minyak rem yang tidak mampu lagi menjaga kerapatan pada wadah minyak rem.


Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Minyak Rem Bocor Pada Motor? Cek Tutup Karet Minyak Rem "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel