Ukuran Ban Rx King Ring 18 Standar Depan Belakang

Berapa ukuran ban RX King ring 18 standar bagian depan dan belakang? Apakah kalian sudah tahu cara membaca ukuran ban dari RX King ring 18? Jika belum, mari kita bahas bersama dalam artikel ini.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran ban standar RX King ring 18.

 

Sering dijuluki sebagai jet darat karena kecepatannya, RX King tercatat masih sering dicari unit bekasnya bahkan hingga sekarang.

 

Meski sudah lama tidak diproduksi dan dipasarkan lagi oleh Yamaha Indonesia, namun peminat dari motor bermesin 2 tak ini masih terbilang lumayan banyak.

 

Bukan tanpa alasan, beberapa varian dari motor RX King ini memang kerap menang kontes hingga ajang balap di lajur lurus.

 

Bicara mengenai RX King, apakah kalian sudah tahu  mengenai ukuran bannya? Jika belum, kita akan bahas dalam artikel ini.

 

Ukuran Ban Standar RX King ring 18 Depan dan Belakang

Ukuran Ban Rx King Ring 18 Standar Depan Belakang


Ukuran ban RX King ring 18 bagian depan adalah sebesar 2.75-18 sedangkan ukuran ban belakang RX King adalah sebesar 3.00-18. Ini berlaku untuk semua varian motor RX King mulai dari RX King Cobra, Master, dan New RX King generasi terakhir.

 

FYI, kadang penulisan ukuran ban dari RX King ini menggunakan tanda pemisah yang berbeda. Misalnya saja menggunakan tanda “x” atau pun “/”.

 

Selain itu, kadang ban RX King ini ditulis tanpa tanda “titik” atau pun “koma”. Misal ban berukuran 3.00 - 18sering dijumpai dengan penulisan 300-18.

 

Lalu sampai sini, apakah kalian sudah tahu cara membaca ukuran ban standar dari RX King?

 

Cara Membaca Ukuran Ban RX King

Ban dari RX King menggunakan bentuk penulisan imperial, di mana ini ditandai dengan antara lebar dan tinggi ban ditulis dalam satu angka (tidak dipisah seperti ban matric).

 

Ban imperial sendiri kerap disebut sebagai ban inch, ini karena penulisan satuan ukurannya adalah inch dan bukan mm seperti yang digunakan oleh ban matric.

 

Adapun acuan dalam membaca ban imperial adalah sebagai berikut:

  • Angka sebelum strip merupakan ketinggian dan lebar ban
  • Lalu angka setelah strip merupakan ukuran ring velg yang diperuntukan pada ban tersebut

 

Jadi jika ada ban berukuran 2.75-18, maka artinya adalah:

  • Lebar ban adalah sebesar 2.75 inch
  • Ketinggian ban adalah sebesar 2.75 inch
  • Dan diperuntukan untuk velg dengan ring 18 inch

 

Pun begitu dengan ban yang ukurannya 3.00-18, artinya:

  • Lebar ban adalah sebesar 3 inch
  • Ketinggian ban adalah sebesar 3 inch
  • Dan ban diperuntukan untuk velg berukuran 18 inch

 

Kenapa RX King Sering Dimodif Velg 17 Inch?

Mungkin ada yang penasaran, kenapa sih RX King ini kerap dimodifikasi pada bagian velg-nya di mana dimodif dengan velg berukuran 17 inch.

 

Alasannya tidak lain karena pilihan ban untuk velg berukuran 18 inch cukup terbatas, ini berbeda dengan ban yang ukurannya 17 inch.

 

Bahkan, tak jarang saat ban bocor, ban dalam untuk velg 18 inch ini kosong sehingga saat kebocoran ban dalam sudah parah, kita akan kesusahan dalam mencari unit barunya.

 

Tak jarang juga banyak yang mengakali dengan memasang ban dalam berukuran 17 inch untuk velg berukuran 18 inch.

 

Atas dasar pengalaman tersebut, maka tidak heran banyak owner RX King yang memilih menggunakan velg berukuran 17 inch agar lebih mudah ketika nantinya melakukan pergantian ban.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....