Ban Ring 17 Dipasang di Velg Ring 18 Apa Efeknya?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ban ring 17 dipasang di velg ring 18 apa efeknya?

 

Ring velg atau velg ring, ini biasanya menggambarkan diameter velg secara keseluruhan. Ring velg ini biasa dinyatakan dalam satuan inchi.

 

Adapun untuk ukuran 17 inchi, ini menjadi ukuran ring velg yang sangat populer untuk saat ini karena digunakan oleh mayoritas motor bebek dan sport.

 

Sedangkan untuk ring velg berukuran 18 inchi, ini digunakan oleh motor sport lama sebut saja seperti Scorpio, Tiger, hingga Megapro lama.

 

Karena  ukuran velg 18 inchi yang sudah jarang digunakan, maka berdampak pada ketersediaan bannya yang juga terbatas.

 

Oleh karenanya, tidak jarang jika di beberapa bengkel, kita akan kesulitan untuk mencari ban untuk velg 18 inchi.

 

Yang jadi masalah sekarang adalah ketika dalam keadaan darurat, misal saat bepergian jauh dan ban mengalami kebocoran hingga sobek dan mengharuskan ganti ban.

 

Apa yang harus dilakukan? Apakah bisa menggunakan ban yang diperuntukan untuk velg berukuran 17 inchi?

 

Efek Ban Ring 17 Dipasang di Velg Ring 18

Ban Ring 17 Dipasang di Velg Ring 18 Apa Efeknya?

Ban ring 17 dipasang di velg ring 18 bisa saja dipasangkan asalkan merupakan ban dalam dan bukan ban luar. Namun tentu saja performa ban dalam tidak akan maksimal dan hanya untuk keperluan mendesak saja.

 

Pada dasarnya ban untuk ring 17 dan 18 berbeda, artinya tidak dapat saling tukar pakai. Jikalau pun memaksakan untuk memasukan ban berukuran 17 inchi pada velg 18 inchi, maka dampaknya bisa membuat ban sobek.

 

Sekali pun bisa terpasang, maka ban tidak akan membulat dengan sempurna dan dapat membahayakan diri pengendara saat digunakan.


Sekali lagi, jikalau pun bisa masuk, maka ini hanya untuk opsi darurat saja.


Pada beberapa jenis ban dalam, ada yang bisa masuk. Sisanya tidak bisa masuk karena langsung sobek.

 

Ganti Ukuran Ring Velg Ke Yang Lebih Umum

Dengan berat hari, opsi realistis untuk mengantisipasi jika langka dalam menemukan ban untuk ukuran 18 inchi, maka opsi yang bisa diambil adalah dengan membeli dan menggunakan velg berukuran 17 inchi yang lebih umum.

 

Namun kembali lagi, keputusan akhir ada di diri kalian masing-masing.

 

Bagus Velg 17 Inchi atau 18 Inchi?

Pada dasarnya, keduanya bagus. Namun jika ingin realistis mengenai ketersediaan ban, maka kami lebih condong ke ukuran velg 17 inchi.

 

Velg 18 inchi sendiri sekarang memang sudah jarang digunakan karena produsen motor lebih memilih ukuran ban 17 inchi atau pun 14 inchi.

 

Ring velg 18 inchi sekarang biasanya digunakan oleh motor-motor sport lawan dan kerap dibeli produk aftermarketnya untuk keperluan modifikasi ke konsep motor sport lawas.

 

Misalnya saja, sering sekali motor berkonsep café racer yang menggunakan ring velg berukuran 18 inchi guna menambah kesan klasik.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....