-->

5 Penyebab Oli Rembes Dari Blok Mesin Motor

5 Penyebab Oli Rembes Dari Blok Mesin Motor

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab oli rembes dari blok mesin motor.

 

Salah satu penyakit yang kadang dialami oleh motor tua dan motor muda yang sering bongkar mesin adalah masalah oli yang rembes dari belok mesin.

 

Baca JugaCara Mengatasi Oli Bocor Pada Mesin Menggunakan Lem Super Glue


Oli sendiri menjadi sistem pelumasan yang cukup penting dan takaran serta kualitasnya harus dijaga.

 

Baca Juga3 Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin


Bila oli pada mesin sampai bocor dan takarannya berkurang bahkan hingga habis, maka lambat laun dapat menyebabkan kerusakan pada bagian dalam mesin sepeda motor.

 

Baca JugaBiaya Perbaikan Oli Mesin Motor Rembes, Bervariatif Tergantung Kerusakan !!!


Nah untuk kalian yang olinya rembes dari blok mesin, berikut beberapa penyebabnya:

1. Packing Mesin Bocor atau Rusak

Packing biasanya memiliki karakter yang cukup keras serta kaku dan nampak seperti kertas yang diberi tambahan bahan lain sehingga mampu menahan panas dan mampu menahan rembesan oli.

 

Packing ini biasanya wajib dimiliki oleh tiap bagian blok mesin dan bila mengalami kerusakan, maka kita harus menggantinya ke packing yang baru dan sesuai.

 

Bila sukar atau sulit untuk menemukan packing, maka kita dapat ganti packing dengan sealer berwarna merah yang tahan suhu panas. Sayangnya, kekurangan dari sealer tahan panas adalah penggunaannya hanya sekali pakai, dimana jika nantinya kita buka blok mesin lagi, maka kita harus gunakan sealer lagi.

 

2. Seal Rusak atau Bocor

Selain packing, mesin motor juga menggunakan seal karet yang biasanya berbentuk lingkaran yang digunakan untuk menahan rembesan oli di tempat-tempat khusus seperti di area as transmisi (perseneleng) maupun pada bagian as kick starter.

 

Pada kasus kerusakan ringan, seal ini dapat ditambal dengan seal berwarna merah yang tahan panas. Tetapi kebanyakan, seal ini lebih baik diganti saja dengan yang baru agar lebih baik performanya.

 

3. Baut Pembuangan Oli Bermasalah

Pada motor, terdapat baut tap atau baut pembuangan oli yang letaknya terdapat pada bagian bawah mesin.

 

Baut ini akan sering dibuka saat hendak mengganti oli atau menguras oli mesin. Nah jika motor kalian mengalami rembes, bisa jadi baut ini yang jadi penyebabnya.

 

Biasanya oli ini mengalami kerusakan berupa slek pada bagian ulirnya. Jika sudah demikian, maka opsinya hanya dengan membuat drat baru ke tukang bubut.

 

4. Baut Blok Mesin Kurang Kencang atau Slek

Keempat adalah karena baut pada blok mesin yang kurang kencang hingga slek. Baut yang satu ini biasanya menggunakan ukuran kepala 8 dan 10 serta memiliki batang yang panjang.

 

Nah sebagai informasi, kami sendiri sempat mengalami rembes pada bagian blok mesin dan penyebabnya adalah karena baut yang satu ini kurang kencang serta ada yang slek.

 

Jika bagian ulir pada batang baut mengalami slek di bagian ujungnya, maka kita dapat akali dengan menggunakan baut yang sama tetapi dengan panjang batang yang sedikit lebih pendek misal lebih pendek sekitar 0.5 cm.

 

5. Blok Mesin Retak

Penyebab yang satu ini jarang terjadi, tetapi kami banyak temui kerusakan ini pada motor metik yang menggunakan sistem pendingin cairan atau radiator.

 

Jadi, penyebab yang satu ini sangat ekstreme dan biasanya terjadi karena motor dikendari dalam keadaan air radiator (cairan pendingin) habis.

 

Jika blok mesin retak hingga bolong, maka opsinya adalah dengan mengganti blok mesin dengan yang baru dan tentunya harganya tidaklah murah.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x