3 Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin.

 

Oli pada mesin kendaraan bermotor sangat penting fungsinya. Selain bertugas sebagai lubrikasi, oli pada mesin kendaraan bermotor juga berfungsi sebagai media pendinginan.

 

Oli harus sesuai takaran serta kekentalannya, jika oli sampai terlalu encer atau terlalu kental, maka hal tersebut dapat berdampak secara langsung terhadap performa serta keawetan mesin.

 

Lebih parah, jika oli mesin sampai kurang takarannya karena memang diisi kurang atau karena adanya kebocoran, maka hal tersebut secara masif dapat menyebabkan kerusakan pada area dalam mesin kendaraan bermotor.

 

Nah kali ini kami akan coba berikan tips cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin, tetapi perlu diingat, cara ini hanya dapat dilakukan pada kasus kerusakan tertentu.

 

Jadi jika kendaraan kita sampai retak pada bagian blok mesinnya, maka hal tersebut sudah tidak dapat diperbaiki dan harus ganti blok mesin baru.

 

Baca JugaBiaya Perbaikan Oli Mesin Motor Rembes, Bervariatif Tergantung Kerusakan !!!


Untuk mengecek penyebab-penyebab kebocoran oli pada mesin, kalian bisa cek di bawah ini:

 

Baca Juga5 Penyebab Oli Rembes Dari Blok Mesin Motor

 

Sedangkan jika kalian mengalami kerusakan pada packing mesin, kalian bisa gunakan tips yang satu ini:

 

Baca JugaCara Mengatasi Oli Bocor Pada Mesin Menggunakan Lem Super Glue

 

Nah berikut cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin:

1. Kencangkan Tiap Baut Pada Mesin

Hal ini berlaku jika ada baut pada blok mesin yang ternyata mengalami kendor. Ini pernah terjadi pada kami dan juga sering dialami oleh motor-motor yang sudah menempuh jarak yang “sepuh”.

 

Periksa tiap baut di area kebocoran oli, jika ada yang kurang kencang, maka silahkan kencangkan. Jika ada yang dol atau slek, maka silahkan buat drat baru atau gunakan baut lain yang ukurannya sedikit lebih pendek.

 

2. Ganti Seal

Jika kebocoran terjadi pada bagian seal perseneling atau seal kick starter, maka kita tidak perlu bongkar mesin untuk menggantinya. Kita hanya perlu mencongkel seal yang sudah rusak, lalu ganti dengan seal yang baru.

 

Jangan lupa untuk ganti atau tambahkan oli yang selama ini sudah berkurang.

 

3. Gunakan Sealer atau Red Silicone

3 Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin

Nah jika yang rusak ada pada bagian packing atau selah-selah blok mesin dan kalian malas untuk bongkar mesin, maka kita dapat gunakan sealer atau Red Silicone untuk “menambal” dari luar area yang bocor tersebut.

 

Cara ini cukup efektif dan pernah kami coba pada area tensioner (meski tidak mengeluarkan oli dan hanya mengeluarkan udara).

 

Sealer yang satu ini cukup elastis dan juga tahan panas, oleh karenanya, maka jangan heran jika lem yang satu ini sering juga dijadikan sebagai pengganti packing mesin.

 

Sebelum melakukan penambalan dengan silikon yang satu ini, maka ada baiknya bersihkan terlebih dahulu area mesin yang hendak ditambal agar silikon ini dapat dengan lebih sempurna menempelnya.

 

Tapi perlu diingat, opsi ini mungkin tidak akan 100% berhasil, sebab idealnya jika packing yang bocor, maka perbaikan harus dilakukan dengan benar dan bukan hanya sekedar ditambal dari luar.

 

Tetapi untuk kalian yang tengah menghemat dan dalam keadaan darurat, maka opsi ini dapat dilakukan.

 

Nah artikel ini kami cukupan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

x