-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★


Cara Mengatasi Oli Bocor Pada Mesin Menggunakan Lem Super Glue


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi oli bocor pada blok mesin sepeda motor menggunakan lem Super Glue.

 

Oli pada sepeda motor berfungsi sebagai media pelumas atau lubrikasi pada komponen seperti kopling hingga piston.

 

Baca Juga3 Cara Atasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin


Oli sendiri tidak dapat sembarangan dimasukan pada mesin sepeda motor, ya jika yang dibahas adalah oli mesin, maka tidak boleh diisi oleh oli samping apalagi baby oil.

 

Baca Juga5 Penyebab Oli Rembes Dari Blok Mesin Motor


Oli yang dimasukan pada mesin sepeda motor harus sesuai baik itu kekentalannya maupun takarannya.

 

Baca JugaBiaya Perbaikan Oli Mesin Motor Rembes, Bervariatif Tergantung Kerusakan !!!


Teruntuk takaran, salah satu penyebab paling signifikan berkurangnya oli pada blok mesin adalah terjadinya kebocoran pada blok mesin lebih tepatnya pada bagian packing.

 

Catatan: Tulisan ini diperuntukan untuk kebocoran pada oli mesin yang disebabkan oleh kerusakan packing misal karena patah.

 

Jadi packing pada blok mesin biasanya terbuat dari campuran kertas dan bahan lain yang sifatnya keras, tahan minyak/ oli, serta tahan terhadap suhu panas.

 

Packing dengan model tersebut terbilang sangat efisien dan juga praktis, sebab kita tidak perlu langsung mengganti packing ketika telah membongkar blok mesin.

 

Tetapi, pada kasus-kasus tertentu misal karena tergores baut atau obeng, packing ini dapat robek, retak, hingga patah.

 

Nah jika packing robek, retak, hingga patah meski pada bagian atas, maka hal tersebut setidaknya dapat menyebabkan kebocoran oli saat mesin motor dinyalakan dan sistem kopling mulai berputar.

 

Jika sisa bekas packing yang robek atau patah masih ada, maka kita jangan terlalu panik, sebab kita dapat gunakan lem Super Glue (ini merek lem ya, nama teknik lemnya kami kurang tahu. Tetapi banyak yang menyebutnya juga sebagai lem serba guna hingga lem besi).


Cara Mengatasi Oli Bocor Pada Mesin Menggunakan Lem Super Glue
Salah satu contoh lem Super Glue dengan merek Dextone

 

Cara pemakaiannya bagaimana? Mudah saja kok, kita hanya tinggal lem kan saja bagian packing yang robek pada bagian atau posisi yang seharusnya (bekas robek atau bekas patah).

Cara Mengatasi Oli Bocor Pada Mesin Menggunakan Lem Super Glue
Contoh packing motor


Cara ini terbilang efektif dan sudah kami coba. Memang jika ada budget, ada baiknya ganti secara keseluruhan packingnya, tetapi jika tidak ada duit, setidaknya cara yang sudah kami sebut atau bahas ini cukup kok hehe.

 

Nah artikel  ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Sumber gambar: tokopedia.com

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel