-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

9 Rekomendasi Oli Untuk CBR 150 Old


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai rekomendasi oli untuk CBR 150 Old.

 

CBR 150 merupakan motor sport full fairing dari pabrikan Honda yang mana di Indonesia sendiri, selaku ATPM-nya (Agen Tunggal Pemegang Merek) adalah AHM atau Astra Honda Motor.


Bicara soal CBR 150 old, pasti yang terbesit di fikiran kita adalah CBR 15O “Cakung” asal Thailand, atau CBR 150 Thailand yang menggunakan headlamp tunggal.

 

Benar memang, tetapi CBR 150 old dapat juga diidentifikasikan sebagai motor CBR 150 yang sudah berumur dalam hal jarak tempuh atau usia pakai.

 

Jika CBR 150 kalian sudah menempuh jarak tempuh di atas 60.000 Km, maka berbesar hatilah karena CBR 150 kalian dapat terkategori sebagai motor old atau tua.

 

Nah setelah jarak tempuhnya sudah sangat jauh, maka dipastikan sedikitnya pasti ada komponen mesin yang mulai aus dan perlu oli yang lebih kental dari pada oli biasanya.

 

Dengan begitu, setidaknya rekomendasi oli dari kami adalah oli dengan kekentalan SAE 20W-40 atau 20W-50.

 

Secara lebih jelas, berikut rekomendasi oli untuk CBR 150 Old:

1. Enduro 4T (SAE: 20W-50)

9 Rekomendasi Oli Untuk CBR 150 Old

Oli yang satu ini datang dari pabrikan BUMN di negara kita tercinta yakni Pertamina. Enduro 4T 20W-50 dapat dikatakan memiliki kekentalan yang cukup kental yang cocok untuk motor-motor yang sudah tua.

 

Enduro 4T 20W-50 sendiri tersedia dalam dua takaran yakni takaran 1 liter serta 0.8 liter. Nah sebagai informasi tambahan, Enduro 4T 20W-50 sendiri dalam kemasannya menawarkan kelebihan yakni “Anti Slip Kopling”.

 

2. MPX 3 (SAE: 20W-40)

9 Rekomendasi Oli Untuk CBR 150 Old
Sumber: astra-honda.com

Selanjutnya adalah oli dari Astra Honda Motor atau AHM yakni MPX 3. Oli yang satu ini memang direkomendasikan oleh Astra Honda Motor (AHM) untuk motor-motor yang sudah mulai tua.

 

Sebenarnya AHM atau Astra Honda Motor menyediakan dua pilihan oli MPX untuk motor dengan jenis kopling manual. Namun karena MPX 1 terbilang merupakan oli encer, maka kami tidak merekomendasikannya. Simak perbedaan antara MPX 1 dan MPX 3 pada link artikel di bawah ini:

 

Baca Juga: Perbedaan Oli MPX 1 dan MPX 3 dari AHM, Ini Loh Bedanya

 

3. Mesran Super (SAE: 20W-50)

9 Rekomendasi Oli Untuk CBR 150 Old
Sumber: tokopedia.com

List oli rekomendasi selanjutnya datang dari pabrikan Pertamina lagi yakni Mesran Super dengan kekentalan 20W-50.

 

Oli yang diproduksi oleh perusahaan BUMN ini menjadi salah satu oli yang cukup banyak dicari oleh beberapa bikers di Indonesia. Alasannya tentu karena oli Mesran Super ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan oli-oli dari pabrikan luar.

 

Sebagai informasi tambahan, kalian dapat mencari oli Mesran Super pada SPBU Pertamina terdekat.

 

4. Prima XP (SAE: 20W-50)

9 Rekomendasi Oli Untuk CBR 150 Old

Oli rekomendasi selanjutnya adalah Prima XP yang juga merupakan produk oli dari Pertamina. Nah oli yang satu ini tersedia untuk mobil.

 

Oli yang satu ini memiliki kekentalan yang cukup kental dan tentunya cocok untuk CBR 150 Old.

 

Baca JugaKelebihan dan Kekurangan Oli Prima XP Untuk Motor

 

5. TOP 1 MC (SAE: 20W-50)

9 Rekomendasi Oli Untuk CBR 150 Old
Sumber: tokopedia.com

Rekomendasi oli selanjutnya adalah oli TOP 1 yang dulu sempat ngehits. TOP 1 sendiri cukup banyak mengeluarkan varian oli dan salah satunya adalah TOP 1 MC dengan kekentalan 20W-50.

 

Oli yang identik dengan warna ungu dan kemasan kaleng bundar ini rasanya sudah mulai langka ya? Namun jika masih ada stoknya di toko atau di bengkel, kami rasa oli yang memiliki sertifikasi Jaso MA2 ini layak jadi salah satu pilihan atau alternatif untuk oli CBR 150 Old.

 

Oli dengan sertifikasi MA2 sendiri memiliki zat adiktif yang lebih baik dari pada oli yang memiliki sertifikasi Jaso MA saja.

 

6. Repsol Elite Super (SAE: 20W-50)

9 Rekomendasi Oli Untuk CBR 150 Old
Sumber: tokopedia.com

Selanjutnya adalah oli dari Repsol yakni Elit Super dengan kekentalan SAE 20W-50. Oli yang satu ini sama seperti oli TOP 1 yakni cukup sulit dijumpai.

 

Namun untuk merek atau brand dari Respol sendiri tidak usah diragukan lagi kualitasnya, sebab oli dengan merek Repsol ini sendiri konsisten jadi sponsor salah satu tim balap di MotoGp.

 

7. Deltalube Adventure 731 Super 4T (SAE: 20W-50)

9 Rekomendasi Oli Untuk CBR 150 Old
Sumber: shopee.co.id

Oli yang satu ini dapat dikatakan kurang terkenal juga. Tapi oli yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja sebagai alternatif pilihan.

 

Oli yang berharga sekitar Rp. 80.000-an untuk satu kemasan dengan takaran 1 liter ini diklaim mampu bertahan hingga jarak tempuh atau masa pakai 13.000 Km hingga 16.000 Km. Wow sekali bukan?

 

8. Castrol Activ 4T (SAE: 20W-50)

9 Rekomendasi Oli Untuk CBR 150 Old
Sumber: bukalapak.com

Selanjutnya adalah oli Castrol Activ 4T yang memiliki kekentalan sebesar 20W-50 yang tentunya cocok untuk CBR 150 Old yang kita pakai.

 

Oli yang satu ini terbilang cukup murah harganya yakni sekitar Rp. 50.000-an untuk kemasan atau takaran 1 liternya.

 

9. Motul Multi Power (SAE: 20W-50)

9 Rekomendasi Oli Untuk CBR 150 Old
Sumber: tokopedia.com

The last atau yang terakhir dalam list kami adalah oli Motul Multi Power yang memiliki kekentalan 20W-50 serta memiliki harga sekitar Rp. 90.000-an pertakaran 1 liternya.

 

Brand serta kualitas dari Motul sendiri tidak perlu diragukan lagi. Yang jelas untuk kalian yang punya budget lebih, tidak ada salahnya untuk menggunakan oli dari Motul yang satu ini.

 

Catatan: List di atas diurutkan secara random.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


x