-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Perbedaan Oli MPX 1 dan MPX 3 dari AHM, Ini Loh Bedanya

Perbedaan Oli MPX 1 dan MPX 3 dari AHM, Ini Loh Bedanya

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan oli MPX 1 dan MPX 3 dari AHM atau Astra Honda Motor.

 

MPX atau Maximum Protection Expert sejatinya tersedia dalam tiga varian pilihan yakni MPX 1, MPX 2, dan MPX 3. Pada artikel sebelumnya kita sudah bahas mengenai perbedaan MPX 1 dan MPX 2 serta perbedaan SPX 1 dan SPX 2.

 

Baca Juga:

 


Nah kali ini kita akan coba bahas perbedaan MPX 1 dan MPX 3, sedikit bocoran bahwa MPX 1 dan MPX 3 ini sama-sama diperuntukan untuk motor dengan jenis kopling basah termasuk motor dengan sistem kopling manual maupun semi otomatis seperti Supra X, Honda Sonic 150, CBR 150, dan seterusnya.

 

Jadi MPX 1 dan MPX 3 sama-sama diperuntukan untuk motor dengan jenis kopling basah atau sistem kopling yang membutuhkan lubrikasi pada sistem kerjanya.

 

Oli MPX 1 dan MPX 3 juga sama-sama menggunakan bahan baku mineral dan bukan menggunakan bahan baku sintetik.

 

Jadi perbedaannya apa dong?

 

Perbedaan Kekentalan Oli

Secara garis besar, lahirnya oli MPX 3 karena permintaan pasar akan oli yang lebih kental dari dari MPX 1. Oli MPX 1 sendiri menggunakan kekentalan SAE sebesar 10W-30, jadi sudah terbayang bukan bahwa oli MPX 1 begitu encer?

 

Nah jika MPX 1 menggunakan kekentalam 10W-30, maka MPX 3 menggunakan kekentalan 20W-40.

 

Oli MPX 1 cocok dengan motor-motor baru seperti Honda Sonic 150, CBR 150 versi terbaru dan sejenisnya. Sedangkan MPX 3 cocok untuk motor-motor yang sudah mulai tua seperti Honda Verza, Supra X 125 old dan sejenisnya.

 

Untuk lebih memastikan silahkan simak manual book motor kalian masing-masing, dimana dalam manual book biasanya akan dibahas oli yang cocok untuk motor kesayangan kalian.

 

Kami sendiri lebih senang menggunakan oli yang kental pada motor kami. Hal tersebut karena oli yang kental lebih “ramah” pada kampas kopling, lebih berperforma pada temperatur panas di mesin, serta membuat mesin jadi sedikit lebih senyap (sedikit meredam suara pada mesin).

 

Perbedaan Ketersediaan Takaran Oli

Meski sama-sama digunakan untuk motor dengan jenis kopling basah, namun secara takaran MPX 1 dan MPX 3 memiliki perbedaan.

 

MPX 1 tersedia dalam tiga takaran kemasan yakni 0. 8 liter, 1 liter, serta 1.2 liter. Sedangkan oli MPX 3 tersedia dalam dua takaran kemasan yakni 0.8 liter dan 1 liter.

 

Dari ketersediaan takaran ini sudah menjadi gambaran bahwa MPX 1 lebih “ramah” dengan motor dari Astra Honda Motor (AHM) keluaran terbaru seperti Honda Sonic 150, CBR 150, dan sejenisnya yang membutuhkan takaran oli lebih dari satu liter yakni sebesar 1.1 liter.

 

Perbedaan Harga

Dapat dikatakan bahwa dari segi harga pun ada sedikit perbedaan. Berikut kami akan sajikan list harga dari MPX 1 dan MPX 3 yang kami rangkum dari situs Astra Honda Motor (AHM) yakni astra-honda.com pertanggal 21 September 2020.

 

MPX 1

MPX 1 Takaran 0.8 Liter

Rp. 43.500

MPX 1 Takaran 1 Liter

Rp. 51.500

MPX 1 Takaran 1.2 Liter

Rp. 59.500

MPX 3

MPX 3 Takaran 0.8 Liter

Rp. 37.000

MPX 3 Takaran 1 Liter

Rp. 41.500

 

Harga di atas daper berubah sewaktu-waktu.

 

Perbedaan Warna Kemasan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemasan jadi “positioning” yang penting dalam aspek branding serta pemasaran.

 

Meski MPX 1 dan MPX 3 sama-sama menggunakan botol berwarna putih dan tutup botol berwarna merah, namun MPX 1 menggunakan aksen abu-abu pada warna botolnya sedangkan MPX 3 menggunakan aksen biru pada botolnya.

 

Simak gambar jelasnya di bawah ini:

 

MPX 1

 

Perbedaan Oli MPX 1 dan MPX 3 dari AHM, Ini Loh Bedanya

MPX 3

 

Perbedaan Oli MPX 1 dan MPX 3 dari AHM, Ini Loh Bedanya

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa. Wassalamu’alaikum.

 

Sumber gambar astra-honda.com

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

bola-bola susu murah

 


Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript