-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Kelebihan dan Kekurangan Oli Prima XP Untuk Motor

Kelebihan Dan Kekurangan Oli Prima XP Untuk Motor

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari oli Prima XP untuk motor.

 

Prima XP merupakan salah satu oli andalan dari Pertamina yang diperuntukan untuk pengguna kendaraan beroda empat atau mobil.

 

Tetapi faktanya, tidak sedikit yang menggunakan oli Prima XP pada sepeda motor tak terkecuali kami.

 

Sebenarnya sudah sejak satu tahun yang lalu kami ingin menggunakan oli Prima XP ini, tetapi karena dalam kemasannya tertera untuk penggunaan pada mobil, maka kami urungkan niat dan memilih untuk menggunakan oli Enduro 20W-50.

 

Baca JugaReview Penggunaan Oli Enduro 4T 20W-50

 

Dan baru kali ini, pada akhirnya kami memutuskan untuk membeli oli Prima XP dengan kekentalan 20W-50 dan itupun karena oli Enduro 20W-50 tengah kosong stoknya.

 

Lalu dari hasil pembelian serta pemasangan disertai sedikit jalan-jalan dengan motor, apa sih kelebihan dan kekurangan dari oli Prima XP ini?

 

Nah dilansir dari situs resminya Pertamina yakni pelumas.pertamina.com, disebutkan bahwa oli Prima XP 20W-50 cocok untuk penggunaan seperti berikut:

Pelumas PRIMA XP SAE 20W-50 ini direkomendasikan untuk digunakan pada mesin kendaraan terbaru dengan bahan bakar mesin. Kendaraan-kendaraan terbaru masa kini dengan multi katup yang dilengkapi sistem DOHC atau Twin Cam merupakan pengguna yang sesuai, sehingga pelumas ini mampu memenuhi tuntutan yang ekstrim pada kegiatan balap mobil maupun rally yang memerlukan pelumas dengan performance level API Service SJ/CF, CCMC (ACEA) G5/PD2 atau VW 501.01/505.00. Pelumas PRIMA XP SAE 20W-50 dapat juga digunakan pada kendaraan bensin yang mensyaratkan API Service SH dan sebelumnya. Pelumas PRIMA XP SAE 20W-50 cocok juga digunakan untuk kendaraan mesin diesel tugas sedang.

 

Kelebihan Oli Prima XP 20W-50

Kelebihan Dan Kekurangan Oli Prima XP Untuk Motor

Ada beberapa kelebihan atau keunggulan dari oli Prima XP yang dipakai pada motor, apa sajakah itu? Simak baik-baik di bawah ini:

1. Oli Prima XP memiliki keunggulan pada kekentalan ganda atau multi grade yakni tetap optimal di suhu tinggi maupun rendah sehingga pelumas ini mudah dihidupkan pada waktu suhu rendah serta tetap mempunyai kekentalan yang sesuai untuk pelumasan pada suhu dan kecepatan tinggi.

2. Prima XP memiliki cukup banyak serifikasi oli yang diantaranya adalah API Service Classification tertinggi saat ini SJ/CD, CCMC (ACEA) G5/PD2, VW 501.01/505.00.

3. Prima XP dikembangkan khusus untuk memberikan perlindungan terhadap pembentukan endapan dan mempunyai ketahanan terhadap degradasi serta mempunyai karakteristik tingkat penguapan yang sangat kecil sehingga konsumsi pelumasnya lebih hemat.

4. Diformulasikan dengan "Smart Shield Technology" untuk memberikan perlindungan optimal dan tercapainya kinerja mesin yang dibutuhkan mesin.

5. Cenderung masih stabil menjaga performa mesin meski dalam keadaan jalanan  yang macet (mungkin karena kekentalan olinya yang cukup kental dan dijuluki sebagai “oli semi disel”.

6. Memiliki kemampuan bertahan dari kerusakan dan memberikan perlindungan terhadap korosi yang diklaim lebih baik dari pelumas sejenis.

7. Diklaim mampu mencegah pembentukan deposit pada piston dan menjaga kebersihan mesin sehingga memperpanjang umur mesin.

8. Tersedia dalam takaran 4 liter dan 1 liter, dimana takaran 1 liter cukup praktis untuk penggunaan sepeda motor.

9. Harga yang relatif murah karena satu liter dari oli Prima XP dihargai sekitar Rp. 40.000an.

10. Membuat suara mesin motor jadi lebih halus karena oli Prima XP 20W-50 merupakan oli yang kental.

11. Meminimalisir terjadinya selip pada kopling.

 

Kekurangan Oli Prima XP 20W-50

Selain beberapa kelebihan yang sudah kami sebutkan di atas, yang namanya benda buatan manusia pasti ada kekurangannya.

 

Dan kali ini kami akan coba paparkan beberapa kekurangan dari oli Prima XP 20W-50. Berikut beberapa kekurangannya:

1. Masih berbahan baku mineral murni, oleh sebab itu tidak heran jika harganya murah.

2. Pada testimoni pemakaian, oli yang satu ini cukup membuat kinerje mesin “berat” di putaran awal, tetapi oli kental ini mampu “berlari” di RPM tinggi.

3. Mampu menggugurkan garansi mesin motor, karena oli yang satu ini tidak diperuntukan secara terang-terangan untuk motor.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript