★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Penyebab Starter Motor Tidak Merespon





Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab starter motor tidak merespon.


Pada kesempatan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai beberapa penyebab starter otomatis dari motor yang tidak berfungsi, artikelnya silahkan baca di bawah ini:


Nah kali ini kita akan memperkaya wawasan mengenai penyebab dari starter motor yang tidak berfungsi, lebih tepatnya tidak merespon.

Starter otomatis yang berada di holder kanan stang motor merupakan komponen yang menurut kami cukup penting.

Hal tersebut karena secara efektivitas, starter otomatis ini lebih efektif ketimbang dari kick starter. Namun bila boleh jujur, starter otomatis ini cukup sering bermasalah.

Dan salah satu masalahnya adalah starter yang enggan merespon. Kami sendiri sebelumnya mencurigai bendik sebagai penyebab dari starter yang enggan merespon ini, bahkan kami sempat membeli bendik dari Xeon untuk Yamaha Byson kami, walau pada akhirnya menjadi mubazir.


Ciri starter otomatis yang tidak merespon yang kami alami adalah ketika tombol starter ditekan, maka tidak ada suara apapun.

Jika kendalanya seperti di atas, maka ada kemungkinan di area kabel atau tombol itu sendiri ada yang bermasalah baik itu putus kabel ataupun tombol starter yang kotor.

Pada kasus kami, yang rusak adalah tombol starternya. Karena dari perkabelan tidak ada kendala.

Setelah kami berspekulasi, akhirnya kami duga bahwa tombol starter mengalami kerusakaan lebih tepatnya kotor.

Kami sendiri bingung kenapa saklar ini bagian kiri dan kanan dari Yamaha Byson kami cepat sekali kotor, padahal motor jarang digunakan. Mungkin karena ada celah cukup besar di sekitar tombol-tombol saklar kali ya hehe.

Kerusakan tombol pada holder atau saklar motor Byson kami sebetulnya juga terjadi pada lampu sein, dimana saklar lampu sein Yamaha Byson kami rusak karena kotor.


Oke kembali lagi pada pembahasan, tanpa berlama-lama lagi kami bongkar area holder saklar starter otomatis. Hasilnya adalah tombol starter milik Yamaha Byson kami benar-benar kotor.

Penyebab Starter Motor Tidak Merespon

Entahlah sepertinya kami cukup jorok ya dalam merawat motor, hmm hmm hmm. Jika sudah kotor seperti itu, kita hanya tinggal membersihkannya menggunakan bensin atau pembersih karat (bisa pakai merek WD).

Nah untuk kasus kami alami, kami menggunakan pembersih karbu atau pembersih injektor karena memang terbukti mampu mengikis kotoran.

Oh iya, sebelum melakukan pembersihan, usahakan area bodi yang sekiranya akan terciprat oleh cairan bensin atau cairan lainnya untuk ditutupi dengan kain lap.

Hal tersebut guna mencegah cat yang rontok atau pudar oleh cairan korosit yang sudah disebutkan di atas.

Mungkin secara advence kita bisa pereteli tombol-tombolnya dan rendam pada bensin untuk hasil yang lebih menjanjikan. Namun jika terkendala oleh waktu, kita bisa semprotkan saja cairan perontok karat.

Kami sendiri ke depannya mungkin akan mengganti holder kiri dan kanan dari motor kami. Hal tersebut demi kepentingan peremajaan hehe.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript