★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Persamaan Bendik Starter Byson, Bisa Pakai Punya Xeon



Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai persamaan dari bendik starter Byson yang mana bisa pakai punya motor Xeon.


Sob, bendik starter merupakan pemantik bagi dinamo starter agar proses starter otomatis pada motor dapat berjalan dengan lancar.

Bendik starter merupakan salah satu komponen yang cukup penting dan merupakan komponen yang mudah rusak (kendati kerusakannya mungkin beberapa tahun sekali).

Nah pada kasus Yamaha Byson lebih tepatnya Yamaha Byson karbu, bendik starternya terbilang unik, dimana bendik starternya selain bertugas sebagai pemantik dinamo starter, juga bertugas sebagai rumah bagi sikring.

Baca Juga:




Pada beberapa waktu lalu, motor Byson karbu kami mengalami masalah pada sistem starter otomatisnya. Hal tersebut tentu tidak dapat dimaafkan oleh kami, jadinya kami langsung bergerak cepat untuk memperbaikinya.

Setelah melakukan diagnosa awal, kami putuskan dan simpulkan bahwa bendik starternya yang rusak dan kami pun langsung bergegas ke bengkel untuk membeli bendik starter yang serupa dengan bendik Yamaha Byson.

Namun ternyata untuk mencari bendik starter Yamaha Byson cukup susah, sudah beberapa bengkel kami datangi namun tidak menyediakan stok untuk bendik starter Yamaha Byson.

Setelah pergi ke bengkel terakhir, kami akhirnya menemukan bendik starter yang serupa dengan milik Yamaha Byson, bendik tersebut adalah milik Xeon.

Persamaan Bendik Starter Byson, Bisa Pakai Punya Xeon


Bendik starter yang kami beli bermerek Fukuyama untuk Xeon dengan harga Rp. 65.000. Bendik tersebut berkodekan 33S-F1940-00 dengan spesifikasi yakni kutub yang terbuat dari tembaga murni sehingga menyalurkan listrik dengan stabil dan tahan panas hingga 180 derajat Celsius.

Persamaan Bendik Starter Byson, Bisa Pakai Punya Xeon


Lalu bagaimana dengan bendik starternya?? Apakah PNP??? Bagaimana ya???? Sebetulnya bendik starter dari Yamaha Byson dan dari Xeon sepintas terlihat sama, namun ada beberapa perbedaan.

Dari bentuk sih mungkin sama, tetapi ada beberapa poin yang berbeda. Perbedaan tersebut di antaranya adalah:

Persamaan Bendik Starter Byson, Bisa Pakai Punya Xeon
Bendik Starter Merek Fukuyama Untuk Xeon


1. Sikring dari bendik starter Fukuyama untuk Xeon beraruskan 10 Amper (berwarna merah), sedangkan punya Yamaha Byson bersikringkan dengan arus 15 Amper (berwarna biru).

2. Posisi Kutub positif dan negatif pada bendik starter Fukuyama untuk Xeon berbanding terbalik dengan milik Yamaha Byson. Jadi jika Yamaha Byson kutub positifnya di sebelah kiri, maka bendik starter punya Fukuyama Xeon kutub positifnya berada di sebelah kanan. Sebagai informasi, tanda kutub yang merupakan kutub positif pada bendik starter adalah kutub yang ada ring dan tembaga tambahan.

Persamaan Bendik Starter Byson, Bisa Pakai Punya Xeon
Bendik Bawaan Yamaha Byson

Secara umum sih tidak begitu banyak perbedaannya, namun karena letak kutubnya berbeda, hal tersebut juga membuat kami harus berfikir ulang untuk memposisikan bendik starter pada Yamaha Byson hehe, wajar saja karena perbedaan posisi kutub bisa membuat jalur perkabelan jadi berbelit-belit hehe.

Untuk performa dari bendik Fukuyama ini memang benar-benar top deh, kalau boleh jujur, bendiknya cukup beringas karena sekali pencet langsung wus-wus hehe.

Namun kami tidak jadi memasang bendik punya Fukuyama untuk Xeon ini. Kenapa? Karena bendik yang ori dari Yamaha Byson ternyata bisa nyala kembali. Hmm, ya sudahlah, pakai dulu saja sampai benar-benar habis hehe.

Update 14 Mei 2020, bendik yang kami beli ini TIDAK KAMI REKOMENDASIKAN. Karena membuat aki menjadi tekor seketika. Mungkin ada spesifikasi kelistrikan yang berbeda. Jadinya jangan pasangkan pada Yamaha Byson kalian untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Kami pun lebih memilih menyimpan bendik aftermarket ini.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.


Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript