★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Penyebab Motor Tidak Dapat Distarter



Penyebab Motor Tidak Dapat Distarter


Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dari motor yang tidak dapat distarter.


Sob, starter otomatis atau starter yang dapat difungsikan hanya dengan menekan sebuah tombol pada stang sebelah kanan memang menjadi suatu kebutuhan bagi sepeda motor kekinian.

Terlebih jika motor yang digunakan berjenis sport ataupun juga metik, tentunya otomatis starter ini menjadi penting adanya.

Nah ada kalanya karena faktir satu dan lain hal, starter otomatis pada motor tidak dapat digunakan.

Penyebabnya beragam dan tentu sulit diidentifikasi jika hanya mengandalkan terawangan tanpa adanya pengecekan lebih lanjut hehe.

Namun pada artikel ini, kami akan coba identifikasikan beberap penyebab motor yang tidak dapat distarter.

Adapun penyebab-penyebab motor tidak dapat distarter diantaranya adalah:

1. Aki Drop


Yang pertama yang harus dicurigai adalah aki yang drop atau tekor. Aki yang tekor dapat ditandai dengan tegangan aki yang rendah di bawah standar (di bawah 12 volt saat motor dalam keadaan standby dan di bawah 14 volt saat mesin motor hidup). Untuk mengecek tetangan aki, kalian bisa gunakan voltmeter atau avometer. Nah cara tergampang untuk mengecek aki yang drop atau tidak adalah dengan mengecek komponen kelistrikan lain. Misalnya klakson, lampu, dan komponen kelistrikan lain. Jika komponen kelistrikan lainnya berfungsi dengan normal, maka dapat dipastikan aki masih dalam keadaan baik, nemun jika sebaliknya, maka kemungkinan aki pun dalam keadaan tidak baik.

2. Kabel Ada Yang Putus


Selanjutnya agak repot untuk mengeceknya hehe, karena harus meruntut kabel mulai dari tombol starter, bendik, hingga dinamo starter. Opsi ini bisa kalian gunakan sebagai opsi terakhir jika komponen lain dalam keadaan baik-baik saja.

3. Bendik Starter Rusak


Selanjutnya adalah bendik starter yang rusak. Bendik ini cukup vital pada sistim otomatis starter, tugasnya memantik dinamo starter agar dapat melakukan starter pada mesin motor. Ciri-ciri bendik yang rusak salah satunya adalah tombol starter yang enggan untuk merespon ketika tengah ditekan, untuk informasi lengkapnya mengenai kerusakan bendik, silahkan baca artikel berikut: Ciri-Ciri Bendik Starter Rusak.

4. Dinamo Starter Rusak


Opsi kerusakan lain yang membuat motor tidak dapat distarter adalah karena dinamo starter yang rusak. Dinamo starter ini biasanya yang rusaknya adalah kul starternya atau arang starternya. Cara mengecek dinamo sudah rusak atau belum sebenarnya cukup sulit ya, tetapi jika tiba-tiba motor kalian tidak dapat distarter, maka kalian bisa pukul-pukul dinamonya secara perlahan dan kemudian tunggu beberapa detik untuk kemudian kalian nyalakan motor dan tekan tombol starternya, jika motor dapat distarter, maka ada kemungkinan dinamo starternya yang rusak dan minta ganti kul starternya.

5. Ada Sikring Yang Terputus atau Rusak


Selanjutnya adalah adanya sikring yang terputus atau rusak. Pada beberapa motor, sistim starter dilengkapi dengan fuse atau sikring. Jadinya motor masih dapat menyala seperti biasa, hanya saja ketika distarter, motor tidak mau menyala.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript