Cara Pasang Voltmeter Jam (2 In 1) 3 Kabel Pada Motor


Cara Pasang Voltmeter Jam (2 In 1) 3 Kabel Pada Motor


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membagikan cara pasang voltmeter jam 2 in 1 tiga kabel pada motor.


Voltmeter sendiri berfungsi sebagai pengukur tegangan aki ketika motor tengah dalam keadaan diam, terjaga, atau menyala.

Dan untuk jam pasti kalian sudah tahukan ya buat apa fungsinya. Nah voltmeter jam ini merupakan produk aftermarket yang  berfungsi untuk mengukur tegangan aki juga menunjukan waktu secara real time.

Voltmeter yang kami beli merupakan voltmeter bermerek Modish yang berharga sekitar Rp. 40.000. Di luar sana masih banyak yang lebih mahal dengan material yang lebih bagus, dimensi lebih luas, serta  tentunya fitur lebih lengkap (ada yang memiliki fitur pengukur suhu juga loh).

Nah voltmeter yang kami beli ini memiliki tiga kabel (kalau untuk voltmeter saja hanya memiliki dua kabel yakni positif dan negatif atau massa).

Nah ketiga kabel tersebut memiliki tiga warna yang berbeda-beda pula yang mana terdiri atas warna hitam, hijau, dan merah.

Warna-warna tersebut memiliki definisi atau makna yang sedikit berbeda dengan pengkodean warna kabel di motor kami.

Jika biasanya kami pahami bahwa kabel hitam adalah massa dan merah adalah positif serta kabel warna hijau (dipakai di kabel lampu motor) juga merupakan kabel positif,  maka  untuk pengkodean warna kabel pada voltmeter 2 in 1 ini, pengkodean kabelnya adalah:

1. Kabel warna hijau adalah massa.
2. Kabel warna hitam adalah positif output kontak.
3. Kabel warna merah adalah positif utama.

Nah untuk merangkai atau memasangnya sebetulnya sangat mudah, hanya saja memang butuh ketelitian untuk memahami kode warna kabel di motor kita.

Kami sendiri sempat menggunakan rangkaian seperti pada kemasan sebagai berikut:

Cara Pasang Voltmeter Jam (2 In 1) 3 Kabel Pada Motor


Nah ternyata tidak berhasil, megapa? Karena kami memiliki perbedaan penafsiran mengenai Bahasa Inggris yang digunakan dalam kemasan (bahasa halusnya adalah kami tak mahir Bahasa Inggris hahaha).

Pada intinya, kabel di kunci kontak kami hanya ada dua yakni positif dan negatif. Nah seharusnya bisa namun sepertinya kami salah memahami makna kabel pada waktu itu.

Baiklah ambil saja rangkaian yang mudah dipahami biar tidak usah memahami banyak warna kabel lagi.

Kami sendiri menyiapkan beberapa bahan dan peralatan tambahan, seperti:

1. Gunting/ kater.
2. Isolatif.
3. Korek.
4. Serta kabel 2 meter atau secukupnya.

Nah langkah dalam memasang volteter jam 2 in 1 ini seperti berikut kurang lebih:

1. Gunakan kabel yang sudah kita siapkan tadi, potong jadi dua dengan masing-masing panjang adalah satu meter atau menyesuaikan.
2. Kabel pertama kita sambung pada kutup aki positif.
3. Kabel kedua kita sambung ada kutup aku negatif.

Cara Pasang Voltmeter Jam (2 In 1) 3 Kabel Pada Motor


INGAT!!! Jangan sampai kutup positif dan negatif bersentuhan, karena jika kutup positif dan negatif bersentuhan, maka akan terjadi percikan api yang cukup untuk membakar kulit yang menyentuhnya.

3. Sambung kabel hijau di voltmeter pada kabel tadi yang terhubung dengan kutup negatif aki.
4. Sambung kabel merah di voltmeter pada kabel tadi yang terhubung dengan kutup positif aki.
5. Jika ingin terus menyala, maka kabel hitam tinggal satukan saja dengan kabel merah, maka voltmeter akan terus menyala walau kunci kontak mati. Namun jika voltmeter ingin mati dan hidup sesuai dengan kunci kontak motor, maka lanjut ke tahap selanjutnya.
6. Kabel hitam yang harus diisi arus positif output dari kontak, kita sambungkan dengan kabel yang memiliki arus atau tegangan ketika kunci kontak dalam keadaaan ON. Sederhanya, ambil saja kabel positif dari lampu senja.



7. Lampu pun menyala sesuai dengan kondisi kunci kontak motor dan silahkan simpan voltmeternya di tempat yang diinginkan.

Cara Pasang Voltmeter Jam (2 In 1) 3 Kabel Pada Motor


Bila sudah tahu begini, sebetulnya kami bisa menyambungkan kabel hijau ke kabel negatif kunci kontak serta kabel merah ke kabel positif kunci kontak, serta kabel hitam ke kabel positif lampu senja.

Namun, sekali lagi karena ada kesalahan penafsiran tentang kode warna kabel, jadi sebelumnya kami gagal memasangnya.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Cara Pasang Voltmeter Jam (2 In 1) 3 Kabel Pada Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel