Ukuran Gear Set CBR 150 Facelift Original

Berapa ukuran gear set CBR 150 Facelift original? Ini adalah pembahasan yang akan menambah wawasan kalian, jadi pantengin sampai beres!

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran gear set CBR 150 Facelift original.

 

CBR 150 facelift adalah salah satu varian motor dari ASTRA HONDA MOTOR (AHM), di mana varian ini punya 2 kode yang cukup banyak diketahui.

 

2 kode tersebut adalah CBR 150 K45G dan K45N. keduanya merupakan generasi facelift dari CBR 150 lokal dan dirilis di beberapa tahun yang lalu.

 

CBR 150 K45G dirilis pada tahun 2016 dan kala itu sangat menggemparkan karena untuk pertama kalinya, CBR 150 melepas desain kalemnya dan berubah jadi desain yang agresif dengan lekukan body yang menjanjikan dan memikat mata.

 

Sedangkan 2 tahun berselang yakni di tahun 2018, CBR 150 K45N muncul dengan beberapa perubahan minor seperti pada sektor visor, velg, hingga adanya varian ABS.

 

Ukuran Gear Set CBR 150 Facelift Original

Ukuran Gear Set CBR 150 Facelift Original
CBR K45N. DOK. AHM

Bicara mengenai ukuran gear set, maka harusnya rantainya pun ikut dibahas. Pasalnya jika kita beli gear set, tak jarang disertakan juga dengan rantainya yang menjadi satu-kesatuan pada elemen final gear.

 

Adapun ukuran gear set CBR 150 Facelift original adalah sebesar 15T/45T dengan rantai berukuran 128L-428.

 

Wah, di sini kami menulis ukuran gear set masih dalam bentuk “perkodean” dan mari kita bedah saja bersama.

 

Maksud 15T/45T adalah gear depan berukuran 15 mata dan gear belakang berukuran 45 mata.

 

Adapun huruf T sendiri adalah singkatan dari tooth yang artinya adalah gigi atau di kita lebih terkenal sebagai gerigi.

 

Sedangkan untuk rantai 128L-428 artinya adalah panjang rantai adalah sebanyak 128 mata dan ketebalannya ada di ukuran 428.

 

Huruf L sendiri merupakan singkatan dari length yang artinya adalah panjang. Jadi kadang ada rantai yang disebutkan dengan 128L dan tanpa huruf L yakni jadi 128 saja.

 

Dalam menghitung panjang rantai, kadang kita hanya dapat angka setengahnya, misal yang harusnya 128 mata malah jadi 64 mata saja.

 

Itu wajar, sebab biasanya kita hanya menghitung bagian luar pada rantai saja dan tidak menghitung bagian dalamnya.

 

Rasio Final Gear CBR 150 Facelift Original

Untuk menghitung rasio final gear, caranya cukup mudah di mana kita tinggal membagi ukuran gear belakang dengan ukuran gear depan.

 

Misal ukurannya adalah 15/45, maka tinggal balik posisinya jadi 45/15 yang mana akan menghasilkan angka rasio final gear sebesar 3.

 

Acuan Mengubah Ukuran Gear 

Adapun acuan mengubah ukuran gear motor itu adalah sebagai berikut:

  • Turunkan rasio final gear agar motor lebih panjang nafasnya dan bisa mencapai top speed dengan lebih tinggi. Tapi ini akan membuat putaran bawah tenaganya turun. (Langkah untuk menurunkan rasio final gear adalah dengan menurunkan ukuran gear belakang atau menaikan ukuran gear depan).
  • Naikan rasio final gear agar motor lebih bertenaga di putaran bawah dan enak untuk tanjakan tetapi efeknya akan membuat nafas motor jadi lebih pendek. (Langkah untuk menaikan rasio final gear adalah dengan menurunkan ukuran gear depan atau menaikan ukuran gear belakang).

 

Misal nih ya, kita gunakan gear depan sebsar 16 mata atau menurunkan ukuran gear belakang jadi 44 mata agar motor jadi lebih panjang nafasnya.

 

Atau jika ingin lebih kuat ditanjakan, kita bisa gunakan gear depan berukuran 14 mata atau dengan menaikan ukuran gear belakang jadi ukuran 47.

 

Berikut list ukuran gear motor beserta rasio final gear-nya:

  • 45/16= 2.81
  • 44/15= 2.93
  • 45/14= 3.21
  • 47/15= 3.13

 

Sekedar saran sih, sebaiknya ganti gear secara satu set dengan rantainya agar nantinya gear dan rantai bisa lebih awet.

 

Selain itu, naikan atau turunkan rasio final gear secara kecil saja dan jangan langsung besar (misal dari angka 3 jadi angka 4, sebab bisa membuat tarikan motor jadi tidak enak).

 

Tips Mengganti Gear

Sebaiknya mengganti gear secara satu set dengan rantainya meski kita hanya berniat mengganti gearnya saja.

 

Ini bertujuan agar gear dan rantai bisa lebih awet karena mata gear-nya bisa lebih sinkron tanpa saling memakan.

 

Selain itu, pastikan ketebalan rantai pun sama yakni jika gear tebalnya 428, maka gunakan rantai yang tebalnya 428 juga dan jangan pakai yang 415 karena berpotensi tidak akan masuk.

 

Satu lagi, jika hendak mengubah ukuran gear, pastikan kita menyesuaikan kembali panjang rantai.

 

Jangan sampai rantai jadi terlalu panjang atau terlalu pendek karena bisa membuat kita repot saat memasangnya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....