Ukuran Gear Standar CBR150R Facelift New Lokal K45 Series

Ukuran gear standar CBR150R Facelift dan new itu berapa sih? Mari kita bahas bersama dalam artikel ini dan kita ulas seluk-beluk gear motor dari Honda CBR 150 ini.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran gear standar CBR150R facelift new (varian K45 series yang dirakit di Indonesia).

 

CBR150R adalah salah satu varian motor sport full fairing dari Astra Honda Motor atau AHM yang hingga kini masih dipasarkan.

 

Peminat hingga komunitas dari motor ini terbilang cukup banyak, terlebih nama CBR ini sudah ada sejak lama bahkan ada beberapa generasi dan varian.

 

Untuk varian lokal (yang dirakit di Indonesia), salah satu yang terkenal adalah varian CBR 150 K45 series.

 

Mulai dari yang generasi K45, K45G, K45N, hingga K45R (BTW, karena belum ada info mengenai ukuran gear standar dari CBR 150 K45R, jadi mungkin untuk varian ini kita lewat dulu).

 

Menandai generasi lokal, Astra Honda Motor menghadirkan CBR 150 K45, di mana facelift yang lebih agresif diberi kode K45G.

 

Selang beberapa tahun, desain dari CBR 150R Facelift kembali diubah dengan sentuhan yang lebih memanjakan mata dan diberi kode K45N.

 

Dan yang terbaru, Astra Honda Motor menghadirkan CBR150 K45R dengan shock depan berjenis upside down.

 

Ukuran Gear Standar CBR150R K45 Series

Ukuran Gear Standar CBR150R Facelift New Lokal K45 Series


Ukuran gear standar CBR150R Facelift K45 series adalah sebesar 45 mata untuk gear belakang dan 15 mata untuk gear depan. Ini adalah ukuran gear yang terbilang cukup besar.

 

Jadi jika kalian ingin mengganti ukuran gear standar ke gear aftermarket yang ukurannya ada banyak, maka silahkan gunakan yang berukuran 15/45 (gear depan / gear belakang).

 

Adapun untuk ketebalan dari gear, standarnya berukuran 428, kita bisa gunakan gear afteramarket dengan spek ketebalan 428H yang lebih keras dan kokoh.

 

Ukuran Rasio Final Gear Standar CBR150R K45 Series

Eits, sudah tahu belum mengenai rasio final gear? Itu loh, angka yang biasa digunakan sebagai acuan untuk menentukan ukuran gear yang cocok dengan kondisi motor dan medan jalan.

 

Rasio final gear atau final gear ratio ini memiliki rumus yang sederhana, di mana kita tinggal membagi ukuran gear belakang dengan ukuran gear depan.

 

Jadi jika gear standar dari CBR150R adalah 15/45, tinggal kalkulasikan menjadi 45/15= 3.

 

Angka 3 itu lah yang menjadi rasio final gear standar milik Honda CBR 150R.

 

Sekarang, jika kita merasa performa motor kurang cocok dengan kondisi jalanan atau keinginan kita, maka kita bisa gunakan acuan dalam mengubah ukuran rasio final gear.

 

Acuan tersebut adalah sebagai berikut:

Acuan Mengubah Final Gear Ratio

  • Gunakan rasio final gear yang lebih rendah untuk mengejar top speed (putaran atas lebih bernafas panjang, tapi putaran bawah lebih loyo). Langkah ini bisa dengan menurunkan ukuran gear belakang ATAU menaikan ukuran gear depan.
  • Gunakan rasio final gear yang lebih tinggi atau besar untuk membuat putaran bawah jadi lebih bertenaga (putaran atas akan lebih pendek dan motor akan lebih mudah bergetar). Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menaikan ukuran gear belakang ATAU menurunkan ukuran gear depan.

 

Sebagai contoh, kita ingin top speed Honda CBR 150R bertambah dengan mengorbakan putaran bawah, maka kita bisa gunakan ukuran gear 15/44 atau 16/45, yakni akan menghasilkan:

  • 44/15= 2.93
  • 45/16= 2.81

 

Lalu jika kita ingin membuat tenaga di putaran bawah lebih jenggat, maka kit abisa gunakan ukuran gear 14/45 atau 15/46, yakni akan menghasilkan:

  • 45/14= 3.21
  • 46/15= 3.06

 

Tips Mengubah Ukuran Gear Motor

Entah itu untuk membuat akselerasi di putaran jadi lebih bertenaga atau untuk membuat putaran atas jadi lebih panjang, tetapi yang jelas kita harus perhatikan tips berikut:

  • Sebaiknya ganti gear secara satu set yakni gear depan, belakang, dan rantai meski hanya akan mengganti salah satu ukuran gear saja. Ini bertujuan agar gear dan rantai jadi lebih awet dan tidak saling “memakan” hingga membuat mata gear dan mata rantai tidak menyatu
  • Naikan atau turunkan angka rasio final gear secara hati-hati, jangan berlebihan karena bisa membuat tarikan motor jadi tidak enak
  • Ganti gear dan rantai dengan ketebalan yang sama. Misal ukuran 428 jangan dicampur dengan yang ukuran 415 karena bisa oblak atau pun tidak masuk

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamau’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....