Letak Kiprok Mio Karbu Di mana?

Di mana letak kiprok Mio karbu? Temukan jawabannya dalam artikel ini. Sebab kita akan membahas mengenai posisi kipok Mio Karbu yang tersembunyi di suatu tempat.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai letak kiprok Mio karbu.

 

Mio karbu adalah salah satu generasi awal dari Mio series yang dulu dibekali dengan mesin sebesar 110 cc.

 

Di era sekarang, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengusung Mio series dengan mesin injeksi dan dengan kubikasi mesin sebesar 125 cc.

 

Dulunya, Yamaha Mio series adalah salah satu raja penjualan motor matic di Indonesia. Namun, hal itu berubah saat Honda Beat datang.

 

Hingga kini di segmen motor matic di bawah 150 cc, penguasanya adalah Honda Beat. Namun jika kelasnya ada di 150 cc, pemegang pasarnya adalah Yamaha dengan Nmax 155 dan Aerox 155.

 

Posisi Kiprok Mio Karbu

Letak kiprok Mio karbu ada di bagian kanan motor tertutup oleh bodi motor. Letaknya sendiri cukup tertutup sehingga kita harus membongkar bagian bodi sebelah kanan.

 

Simak gambarnya di bawah ini:

 

Letak Kiprok Mio Karbu Di mana?

Sumber gambar: Youtube/ member channel

 

Ini jelas berbeda bukan dengan Mio keluaran lebih baru semisal Xeon, GT, dan J series yang letaknya ada di bagian depan motor?

 

Ciri-ciri Kiprok Motor Rusak

Kiprok adalah salah satu komponen penting dalam sistem pengisian kelistrikan motor. Oleh karenanya jika sampai kiprok bermasalah, maka efeknya bisa ke aki hingga lampu-lampu.

 

Sebagai contoh, berikut beberapa ciri dari kiprok motor yang rusak, yakni:

  • Aki selalu tekorditandai dengan pengisian aki saat mesin menyala yang ada di bawah 13.5 volt (gunakan voltmeter atau pun multi tester)
  • Aki overcharger dan kembung, ditandai dengan pengisian aki yang ada di atas 14.5 saat mesin menyala (gunakan alat voltmeter atau multi tester)
  • Kiprok benar-benar mati yang ditandai dengan suhu kiprok tetap dingin meski pun mesin motor menyala selama beberapa menit
  • Kiprok terlalu panas sehingga sudah sangat tidak enak untuk dipegang oleh tangan (biasanya ini mengalami overcharger)

 

Fungsi Kiprok Mio Karbu

Kiprok itu punya beberapa fungsi seperti:

  • Mengalirkan daya listrik dari spull menuju aki
  • Melakukan backup kelistrikan jika aki mati pada beberapa komponen seperti lampu-lampu (namun dayanya kecil)
  • Mengubah arus listrik AC dari spull menjadi DC agar bisa masuk ke aki hingga ke komponen lain seperti lampu-lampu hingga klakson

 

Tips Agar Kiprok Lebih Awet

Ada beberapa tips agar umur kiprok ini lebih awet, misalnya saja kita harus:

  • Menggunakan aki sesuai dengan spesifikasi awal agar kinerja kiprok tidak berat
  • Jangan gunakan aksesoris kelistrikan yang berlebihan seperti memasang lampu tambahan hingga klakson keong
  • Jika sekring mengalami kerusakan, maka harus diganti dengan yang baru dan jangan diakali dengan menggunakan sehelai kabel karena bisa membuat komponen kelistrikan termasuk kiprok menjadi rusak
  • Periksa soket dan kabel di jalur kiprok. Tak jarang kerusakan ada di bagian kabel dan soket kiprok yang biasanya terputus hingga gosong

 

Sekali lagi, jika kiprok sudah memunculkan gejala overcharger hingga kurang mengisi, maka sebaiknya ganti kiprok sesegera mungkin.

 

Ini bertujuan agar aki hingga komponen kelistrikan lain bisa lebih awet. Pasalnya kiprok yang rusak tidak akan segan-segan untuk “merusak” komponen lain.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....