-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Penyebab dan Cara Atasi GSX R150 Tidak Bisa Distarter, Muncul Tulisan Chec


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dan cara atasi GSX R150 yang tidak bisa distarter karena muncul tulisan CHEC.

 

Beberapa waktu lalu, kami membeli GSX R150 bekas lansiran tahun 2018 dengan jarak tempuh yang sangat rendah yakni hanya di angka 5.xxx Km.

 

Feeling pertama saat menggunakan, tentu GSX R150 ini sangat enak untuk digunakan dan nampak seperti baru turun dari dealer.

 

Tapi begitu motor sudah ada di rumah, baru lah ada problem yang tidak terdeteksi oleh kami saat melihat-lihat barang tersebut di rumah penjual.

 

Problem tersebut adalah motor yang tidak dapat distarter dan muncul tulisan CHEC. Pada volt meter, voltase aki nampak ada di angka 11,8 Volt hingga 12,3 Volt. Wah kenapa ini? Harusnya dengan tegangan aki di angka tersebut, masih sangat sanggup untuk menghidupkan starter motor.


Penyebab dan Cara Atasi GSX R150 Tidak Bisa Distarter, Muncul Tulisan Chec

Tanpa berlama-lama, kami pun coba subtitusikan aki dari Sonic 150 dan GSX R150 yang sama-sama memiliki tipe dan spek aki yang sama yakni GS Astra GTZ6V.

 

Alhasil, aki bawaan GSX R150 tidak dapat menghidupkan starter dari Sonic 150. Pun begitu, aki dari Sonic 150 pun tidak dapat menghidupkan starter dari GSX R150, meski voltase dari aki milik Sonic 150 lebih besar sedikit yakni di angka 12,4 – 12,5 Volt.

 

Akhirnya, kami coba charger aki milik GSX R150 dengan charger portabel. Pengisian pun berjalan, namun sayangnya setelah 12 jam lebih, aki kembali drop dan tidak kuat menghidupkan starter.

 

Penyebab dan Cara Atasi GSX R150 Tidak Bisa Distarter, Muncul Tulisan Chec

Jadi voltase akinya terbilang normal dan sanggup menyalakan lampu-lampu hingga klakson, namun tidak sanggup untuk menghidupkan starter.

 

Dari apa yang terjadi, maka ada beberapa kemungkinan yakni:

  • Aki drop di ampere-nya
  • Volt meter tidak presisi dan melebih-lebihkan
  • Atau ada kerusakan lain

 

Mengingat GSX R150 yang kami beli merupakan GSX R150 yang jarang digunakan, maka ada kemungkinan akinya drop di bagian ampere atau kapasitasnya.

 

Jadi voltase normal, namun karena ada sel yang berjamur, maka ampere-nya pun bermasalah dan cenderung kurang oke untuk menghidupkan starter motor.

 

Penyebab Tulisan CHEC di Suzuki GSX R150

Jika ada tulisan CHEC di speedometer GSX R150, maka itu pasti berkenaan dengan kelistrikan motor baik dari perkabelan hingga pada aki yang digunakan.

 

Adapun dari beberapa penelusuran kami, penyebab dominan dari tulisan CHEC di Suzuki GSX R150 adalah sebagai berikut:

  • Switch engine cut off di stang kanan diaktifkan, sehingga membuat motor enggan menyala
  • Kabel sensor kopling bermasalah sehingga error dan menyebabkan motor enggan menyala karena menganggap mesin dalam keadaan tidak netral
  • Mesin masuk gigi (tidak netral)
  • Korslet pada perkabelan
  • Kontak di area keyless error
  • Aki drop atau rusak

 

Cara Mengatasi CHEC di Suzuki GSX R150

Karena kita sudah tahu beberapa penyebab dari tulisan CHEC di Suzuki GSX R150, maka selanjutnya kita tinggal cek bagian apa saja yang berkemungkinan menimbulkan tulisan CHEC di speedometer GSX R150 sehingga membuat mesin enggan menyala.

 

Namun dari pengalaman kami, tulisan CHEC di GSX R150 dapat diatasi setelah kami mengganti aki lama dengan aki baru dengan spek yang sama.

 




Jadi jika GSX R150 gagal melakukan start dan hanya ada bunyi “cek” namun mesin tidak menyala, maka besar kemungkinan aki mengalami kerusakan.

 

Tapi jika saat kita menekan tombol starter lalu tidak ada bunyi apa pun dan ada tulisan CHEC di speedometer, maka ada kemungkinan bagian engine cut off belum ada di posisi mati. Atau bisa juga mesin motor ada di posisi tidak netral.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x