Konsumsi BBM Byson FI dan Konsumsi BBM Byson Karbu

Apakah Yamaha Byson boros bensin? Konsumsi BBM Byson Fi dan konsumsi BBM Byson karbu berapa KM per liter? Mari kita kupas tuntas dalam artikel ini brother!

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kosumsi bensin Byson Fi dan Byson karbu.

 

Salah satu motor sport gendut dari Yamaha dan sempat booming adalah Yamaha Byson.

 

Motor yang berasal dari India ini sempat menggemparkan jagat permotoran di Indonesia karena menjadi pionir dalam penggunaan velg dan ban besar di kelas 150 cc.

 

Seperti yang teringat, dulu motor 150 cc masih menggunakan ban dan velg yang lebih kecil dari sekarang.

 

Baru lah Byson datang dengan velg depan sebesar 2.5 inch dan velg belakang sebesar 3.5 inch dengan balutan ban depan 100/80-17 dan yang belakang 120/70-17 (yang versi Fi sebesar 130/70-17).

 

Dulu ukuran seperti itu memang belum lazim digunakan oleh motor 150 cc, tetapi sekarang sudah sangat biasa.

 

BTW, Byson sendiri masih jadi salah satu motor yang kami pelihara hingga artikel ini diturunkan.

 

Mengusung Byson karbu, kami masih betah memodifikasinya dengan genre full fairing.

 

Konsumsi BBM Byson FI dan Konsumsi BBM Byson Karbu

Konsumsi BBM Byson FI dan Konsumsi BBM Byson Karbu


Konsumsi BBM Byson Fi adalah sekitar 45 Km per liter, sedangkan konsumsi BBM Byson Fi adalah sekitar 46 Km per liter. Patokan tersebut bisa lebih jauh atau pun lebih pendek.

 

Kenapa kami katakan sekitar dan tidak pasti di angka sekian? Pasalnya konsumsi BBM ini bisa naik turun tergantung dari beberapa kondisi.

 

Misalnya saja kondisi jalanan (yang banyak tanjakan kemungkinan akan lebih boros). Selain itu jika beban yang dibawa juga berat, maka bisa menyebabkan bensin lebih boros.

 

Jangan lupakan juga jika kondisi mesin sudah berumur, maka bisa membuat mesin lebih boros bensin.

 

Jadi konsumsi BBM pada suatu motor biasanya hanya dijadikan acuan saja dan tidak mutlak akan dapat angka tersebut.

 

Apakah Yamaha Byson Boros Bensin?

Sejak tahun 2014, kami sudah menggunakan Yamaha Byson karbu untuk bepergian dari Bandung Barat ke Kota Cimahi.

 

Meski secara efektif motor digunakan di tahun 2014 dan 2015 (setelah itu motor Byson kami jarang digunakan karena waktu kuliah tidak tiap hari seperti saat SMK).

 

Tetapi dari apa yang kami “rasa”, Byson ini tidak terlalu boros bensin. Bahkan bila dibandingkan dengan Suzuki GSX R150 yang saat ini kami pakai, rasanya GSX R150 lebih boros bensin.

 

Namun jika kita membandingkan Byson dengan motor bebek yang cc-nya di bawah Byson, ya jelas Byson akan lebih boros bensin.

 

Dapat angka sekitar 45 Km per liter kami rasa lumayan lah untuk kategori motor karbu di kelas 150 cc. Sebab untuk GSX R150 milik kami hanya dapat sekitar 40 Km per liter.

 

Bensin Yang Cocok Untuk Byson

Jika dilihat dari rasio kompresi mesin Byson yang ada di angka 9.5 banding 1, maka opsi bensin yang cocok untuk Byson karbu dan Byson injeksi adalah Pertalite (ROM 90) atau pun Pertamax (RON 92).

 

Tetapi mengingat sekarang Pertalite langka, ya mau tidak mau harus hijrah ke Pertamax yang harganya lebih mahal karena tidak disubsidi.

 

Enak pakai Pertalite atau Pertamax? Dari apa yang kami alami, lebih enak pakai Pertalite karena selain murah juga tidak membuat getaran mesin jadi lebih tinggi.

 

Tetapi efek secara umum tidak begitu jauh selain dari efek kantong bisa lebih cepat tipis wkwk.

 

Posisi Keran Bensin Byson On, Off, Res

Posisikan keran Byson Yamaha Byson karbu di mode ON dan bukan OFF. ON artinya keran terbuka. Sedangkan jika OFF, artinya keran bensin tertutup.

 

Untuk Res bagaimana? Dari apa yang kami ketahui, keran Res ini fungsinya untuk membuka bensin cadangan yang terdapat pada tangki Byson.

 

Jadi misal kita habis bensin, kita bisa posisikan keran ke posisi RES agar cadangan bensin bisa turun dan kita segera ke pom bensin untuk isi bensin.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....