Arti Race Pace MotoGP Adalah ???

Arti race pace MotoGP adalah apa ya? Pernah gak mendengar kata race pace ini atau melihat kata race pace di layar kaca saat menonton balapan MotoGP?

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti race pace MotoGP.

 

Balapan MotoGP memang kerap menghadirkan sesuatu yang menarik. Entah itu di atas lintasan atau pun di luar lintasan.

 

Selain itu, pada MotoGP juga kerap menghadirkan istilah yang belum diketahui oleh orang Indonesia kebanyakan seperti misalnya “race pace”.

 

Maklum saja, kita sebagai orang Indonesia biasanya menggunakan bahasa Indonesia atau pun bahasa daerah dan bukan bahasa Inggris.

 

Jadi, mari kita bahas bersama saja mengenai apa yang hendak kita bahas ini.

 

Race Pace MotoGP Artinya

Arti Race Pace MotoGP Adalah ???


Arti race pace MotoGP adalah kecepatan balapan atau laju balapan. Ini biasanya ditayangkan pada layar televisi saat balapan MotoGP sedang berlangsung.

 

Race pace sendiri merupakan kecepatan balapan dari seorang rider MotoGP di satu lap atau di beberapa laps.

 

Misal ada pembalap yang ada di posisi 10 dan di 5 laps kemudian ada di posisi 2, biasanya riders atau pembalap tersebut akan ditampilkan race pace per 5 laps sebelumnya.

 

Kenapa? Sebab data race pace tersebut cukup menarik, di mana akan kelihatan di laps ke berapa riders tersebut mengalami putaran terbaik dengan kecepatan dan waktu terbaik.

 

Di MotoGP sendiri, kecepatan terbaik adalah kecepatan terkencang, di mana angkanya akan semakin besar (misal 300 Km/ Jam).

 

Sedangkan untuk waktu terbaik, biasanya angkanya akan semakin kecil. Sebut saja, melintasi 1 lap dengan waktu 1 menit 30 detik akan lebih bagus ketimbang yang 1 menit 50 detik.

 

Arti Qualifying Pace MotoGP

Selain dari pada race pace, masih ada istilah qualifying pace di MotoGP. Apa maksudnya? Arti qualifying pace adalah kecepatan atau laju saat kualifikasi.

 

Bedanya dengan race pace adalah qualifying pace ini dilakukan saat sesi kualifikasi baik itu kualifikasi 1 (Q1) atau pun kualifikasi 2 (Q2).

 

Kurang lebih ini hampir sama dengan race pacesaat di mana waktu terbaik adalah ketika waktunya semakin sedikit dan kecepatan terbaik adalah ketika kecepatannya semakin besar atau tinggi.

 

Sebelum kualifikasi berlangsung, biasanya ada sesi latihan bebas 1 hingga 4, di mana nantinya pembalap akan disaring dari yang paling cepat hingga yang paling lambat.

 

10 pembalap tercepat biasanya akan langsung lanjut ke kualfikasi 2, sedangkan sisanya akan berjuang di kualifikasi 1 untuk memperebutkan posisi terbaik 1 dan 2 untuk bisa lanjut ke kualifikasi 2.

 

Di kualifikasi 2 adalah final untuk menentukan starting grid saat balapan atau race berlangsung.

 

Posisi 1 dan 12 akan terlihat dari sesi kualifikasi 2 ini, sedangkan posisi selanjutnya akan ditempati sesuai dengan urutan yang ada di kualifikasi 1.

 

Memang, MotoGP ini cukup banyak sekali proses tahapan hingga akhirnya bisa balapan di hari Minggu.

 

Tak jarang, banyak pembalap yang tidak bisa ikut balapan karena mengalami insiden berupa crash saat sesi sebelum balapan (misal di latihan bebas atau saat kualifikasi).

 

Contoh pembalap yang tidak bisa balapan saat “celaka” di sesi sebelum balapan adalah Marc Marquez ketika di GP Mandalika Indonesia tahun 2022.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....