-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Arti Crash Dalam MotoGp Beserta Jenisnya


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti crash dalam MotoGp beserta jenis-jenisnya.

 

MotoGp merupakan salah satu ajang olahraga balap yang memiliki penggemar cukup banyak di seluruh dunia.

 

MotoGp yang merupakan ajang balap motor prototype ini setidaknya menjadi salah satu ajang balap yang paling banyak ditonton oleh penduduk di muka bumi (saingan terdekat MotoGp dalam urusan viewers adalah ajang balap Formula 1 atau F1).

 

Baca Juga: Arti Motor Prototype

 

Dalam ajang balap MotoGp, cukup banyak istilah-istilah yang disebutkan untuk suatu kejadian, salah satunya adalah crash.

 

Ya rasanya tiap balapan berlangsung, sangat sedikit sekali seluruh pembalap dapat menyelesaikan balapan dan ujung-ujungnya akan ada tulisan “crash” baik itu di layar kaca maupun di area pit board.

 

Baca Juga: Arti DNF di MotoGp

 

Lalu apa sih yang dimaksud dengan crash dalam MotoGp? Mari kita simak bersama dalam artikel ini.

 

Pengertian Crash Dalam MotoGp

Crash merupakan suatu kata dalam bahasa Inggris yang bila kita terjemahkan artinya adalah; terjatuh, bertabrakan, atau menabrak.

 

Ya, pada intinya crash dalam MotoGp pun memiliki makna demikian yakni suatu insiden dalam balapan yang menyebabkan pembalap terjatuh (baik karena bertabrakan, tergelincir, ataupun lain hal yang membuat pembalap terjatuh).

 

Apabila pembalap telah terjatuh, masih bisakah pembalap tersebut melanjutkan balapan? Jawabannya adalah bisa, asalkan motor dan si pembalapnya masih sanggup untuk melanjutkan sisa putaran dalam balapan tersebut.

 

Jika salah satu elemennya tidak sanggup lagi melanjutkan balapan, ya si pembalap pun biasanya akan “tahu diri” untuk berbesar hati dan mengakhiri balapan.

 

Jenis Crash Dalam MotoGp

Setidaknya ada dua jenis crash dalam MotoGp yang biasanya dialami oleh si pembalap. Apa sajakah jenis crash tersebut? Berikut kami paparkan di bawah ini:

 

1. Low Side Crash

Yang pertama adalah low side crash atau bila kita terjemahkan artinya adalah terjatuh pada sisi rendah. Maksudnya adalah biasanya pembalap yang terjatuh dalam jenis crash ini akan terjatuh secara rendah dan bukan “dibanting” atau terpelanting oleh motor.

 

Bahasa yang lebih mudah dicerna dan lebih populer di Indonesia untuk low side crash adalah “ndlosor”.

 

Biasanya low side crash terjadi karena pembalap kehilangan kendali atas ban depan baik karena tergelincir oleh jalanan yang basah atau pun karena ban sudah aus sehingga grip ban pada aspal jadi hilang serta bisa juga karena pembalap terlalu miring tetapi laju motor kurang kencang.

 

Contoh dari low side crash adalah ketika Valentino Rossi terjatuh di GP Catalunya Spanyol 2020. Saat itu Valentino Rossi harus mengakhiri balapan karena terjatuh yang disebabkan ban depan motornya tidak melakukan grip dengan sempurna dengan aspal saat tengah menikung.

 

Arti Crash Dalam MotoGp Beserta Jenisnya
Sumber: Twitter/ Cormacgp

2. High Side Crash

Selanjutnya adalah high side crash atau terjatuh pada sisi yang tinggi. Jika low side crash adalah terjatuh dengan cara “ndlosor”, maka high side crash terjatuh dengan cara “terpelanting” atau “dibanting” oleh motor.

 

Penyebab high side crash terjadi biasanya dikarenakan ban belakang yang tidak terkendali. Misal karena aus sehingga kadang ban kehilangan grip lalu dengan seketika mendapatkan grip pada aspal, atau bisa juga karena pengereman dari ban belakang yang tidak tepat sehingga membuat ban belakang “melawan” dan melemparkan pembalap ke arah atas.

 

Bila dibandingkan dengan low side crash, high side crash ini memiliki kemungkinan lebih besar untuk menciderai pembalapnya.

 

Salah satu contoh high side crash adalah saat Marc Marquez yang terjatuh di GP Jerez tahun 2020 silam.

 

Arti Crash Dalam MotoGp Beserta Jenisnya
Sumber: jurnalgarut.pikiran-rakyat.com


Insiden tersebut setidaknya harus membuat Marc Marquez banyak melewati balapan MotoGp tahun 2020 karena lengan kanannya mengalami patah tulang.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

bola-bola susu murah

 


Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript