Ukuran Oli Shock Depan Verza 150

Daftar Isi [Tampil]

Takaran oli shock depan Verza atau ukuran oli shock depan Verza atau kapasitas oli shock depan Verza 150 seberapa banyak sih? Kita akan bahas bersama dalam artikel ini.

 

Satupiston.comAssalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kapasitas oli shock depan Verza 150.

 

Verza adalah salah satu motor batangan yang dikeluarkan oleh Astra Honda Motor atau (AHM).

 

Motor yang satu ini menjadi varian motor sport termurah yang dikeluarkan oleh AHM. Kubikasi mesin yang ditawarkan pun cukup lumayan yakni ada di angka 150 cc.

 

Bicara mengenai Verza, kami tertarik untuk membahas mengenai ukuran oli shock depan Verza 150, kira-kira berapa mili liter ya?

 

Takaran Oli Shock Depan Verza

Ukuran Oli Shock Depan Verza 150
Sumber: Tokopedia


Ukuran oli shock depan Verza atau takaran oli shock depan Verza adalah sebesar 159 ml untuk satu buah shock depannya. Atau setidaknya kita butuh sebanyak 318 ml untuk satu set shock depan.

 

Ukuran oli shock sendiri harus disesuaikan dengan takarannya. Idealnya memang harus pas sesuai acuan, tetapi dalam praktiknya, takarannya bisa diperbanyak atau dikurangi.

 

Ada beberapa alasan kenapa acuan ini bisa tidak mutlak, seperti kondisi shockbreaker itu sendiri hingga oli shock yang digunakan.

 

Misal jika oli shock memiliki kekentalan yang lebih kental dari standar, maka kemungkinan besar shock depan akan lebih keras meski acuan oli shocknya sama.

 

Oleh karenanya, oli shock akan dikurangi sedemikian rupa agar shock depan tidak terlalu keras.

 

Baca Juga27 Oli Shock Depan Yang Bagus Untuk Motor, Ini Pilihan Rekomendasinya

 

Kapan Waktu Ganti Oli Shock?

Biasanya oli shockbreaker akan diganti setiap 15.000 Km hingga 20.000 Km sekali, atau bahkan bisa setiap 10.000 Km sekali jika jalanan yang sering dilalui sangat tidak rata.

 

Tetapi selain dari patokan jarak tempuh, mengganti oli shockbreaker juga bisa dikarenakan beberapa alasan seperti seal shock yang bocor sehingga kotoran hingga air masuk ke tabung shock dan bercampur dengan oli shock.

 

Atau karena ada karat di bagian dalam shockbreaker depan sehingga oli shock pun ikut tercampur karat dan tidak bisa maksimal performanya.

 

Tips Agar Shockbreaker Depan Verza Empuk

Salah satu cara agar shock depan Verza lebih empuk adalah dengan cara mengurangi takaran oli shock depan.

 

Pengurangan takaran ini biasanya dilakukan dengan sangat hati-hati, sebab jika terlalu kurang, maka bisa menyebabkan motor limbung.

 

Misal takaran awalnya adalah 159 ml untuk satu tabung shock-nya, maka kita bisa gunakan takaran di angka 155 ml untuk satu tabungnya.

 

Penyebab Oli Shock Depan Mudah Encer

Oli shock sama seperti kebanyakan oli, di mana lambat laun akan mengalami penurunan performa hingga menurun kekentalannya.

 

Jika sudah encer, maka shock depan cenderung akan sangat empuk dan tidak enak untuk digunakan.

 

Lalu, apa saja penyebab oli shock depan motor yang mudah encer?

  • Faktor masa pakai, semakin lama digunakan, maka akan semakin encer
  • Faktor terkena panas, semakin terkena panas maka akan semakin encer dan akan menguap jika terlalu panas (misal terkena api dari mesin las)
  • Sering membawa beban berlebih
  • Sering menerobos jalanan yang tidak rata dengan kecepatan tinggi

 

Efek Buruk Oli Shock Jika Terkena Body Motor

Oli shock mirip dengan minyak rem dari segi “merusak” cat pada bodi motor. Baik minyak rem atau oli shock, keduanya bisa membuat cat motor memudar.

 

Jika terkena kulit telapak tangan, kedua jenis minyak tersebut bisa membuat kulit menjadi mengkerut. Oleh karenanya jangan sampai minyak ini terkena kulit dalam jangka waktu lama apalagi terkena mata.

 

Segera bersihkan minyak rem atau oli shock jika terkena bodi motor, velg, atau pun terkena kulit.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)