Limbung Artinya Apa? Contoh Mobil atau Motor Limbung Seperti Apa?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai limbung artinya apa? Serta contoh mobil limbung atau motor limbung ini seperti apa?

 

Limbung, mungkin kata yang satu ini jarang terdengar pada dunia otomotif tepatnya sepeda motor.

 

Namun limbung ini kerap dialami pada kendaraan bermotor termasuk pada sepeda motor, ya meski memang katanya kerap diganti dengan kata lain yang bermakna sama dengan limbung.

 

Soal limbung ini, apakah kalian sudah tahu mengenai maknanya dan gejala atau contohnya pada motor seperti apa?

 

Jika belum tahu, mari simak artikel ini hingga beres.

 

Arti Limbung Adalah Apa?

Limbung Artinya Apa? Contoh Mobil atau Motor Limbung Seperti Apa?

Ada banyak pengertian dari limbung tergantung dari konteks apa yang digunakan. Oleh karenanya, mari kita bahas bersama mengenai beberapa pengertian tersebut.

 

Secara umum, dalam KBBI, limbung ini dimaknai sebagai tidak mantap yang cenderung pada goyah yakni kondisi di mana sesuatu yang berdiri atau terpasang tidak tetap.

 

Limbung juga bisa dimaknai sesuatu yang tidak tetap dalam hal pendirian (menyangkut pada psikologi atau pemikiran seseorang).

 

Dalam konteks kesehatan, limbung biasa menuju pada seseorang yang tidak dapat berjalan dengan normal yakni seseorang yang terlihat jalan secara sempoyongan.

 

Pada aspek kesehatan, ada beberapa penyebab dari jalan yang limbung ini. Tapi kita tidak akan bahas itu dalam artikel ini.

 

Untuk konteks lainnya, limbung juga dimaknai sebagai tempat yang dipagari di tepi pantai, tempat berlabuhnya kapal lauk atau dok, hingga tempat mandi di pnggir laut.

 

Limbung Artinya dalam Motor dan Mobil

Limbung dalam motor atau mobil secara spesifik akan dimaknai sebagai kondisi tidak stabil ketika digunakan.

 

Dalam kondisi ini, tentu terjadinya limbung pada kendaraan bermotor bisa mengakibatkan handling menjadi tidak nyaman bahkan bisa menimbulkan kecelakaan.

 

Biasanya, limbung pada kendaraan bermotor ini kerap diakibatkan karena kerusakan pada sistem kaki-kaki misal pada suspensinya atau pada roda dan bannya.

 

Meski memang, limbung juga bisa diakibatkan oleh faktor lingkungan seperti jalanan yang tidak rata hingga karena angin di sekitar yang kencang.

 

Contoh Limbung Pada Motor

Contoh ini bisa terjadi pada mobil juga, meski kami sempitkan uraiannya pada sepeda motor. Adapun penyebab motor limbung adalah sebagai berikut:

  • Shockbreaker tidak berfungsi dengan normal, misal karena kebocoran oli shock, oli shock yang sudah encer, atau ka karena as shockbreaker sudah bengkok
  • Velg mengalami kerusakan, misal bengkok
  • Bearing  roda rusak
  • Bearing kemudi atau komstir rusak
  • Ban tidak rata

 

Sinonim Limbung atau Persamaan Kata Limbung

Menurut kami, sinonim limbung atau persamaan kata limbung yang kerap digunakan sehari-hari adalah sebagai berikut:

  • Oleng
  • Geol
  • Oyag (dari bahasa Sunda)
  • Tidak stabil
  • Labil
  • Tidak ajeg
  • Tidak kokoh
  • Goyang

 

Kesimpulan

Limbung artinya adalah tidak stabil atau mendefinisikan sesuatu yang labil (tidak ajeg atau tidak tetap). Meski limbung juga bisa dimaknai lain seperti tempat berlabuhnya kapal laut dan lain sebagainya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....