3 Kegunaan Filter Oli Satria FU Yang Perlu Diketahui

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kegunaan filter oli Satria FU yang perlu diketahui oleh penggunanya.

 

Apakah kalian adalah pengguna Satria F150? Jika iya, kita infokan jika selain dari mengganti oli secara rutin, kita juga harus mengganti filter olinya.

 

Berbeda dengan kompetitornya yakni Honda Sonic 150, filter oli dari Satria F150 atau Satria FU ini harus diganti secara rutin agar performa mesin tetap optimal.

 

Buat kalian yang baru tahu mengenai filter oli dan belum tahu mengetahui kegunaannya, mari kita bahas bersama saja dalam artikel ini.

 

Tetapi sebelum itu, mungkin artikel di bawah ini akan menarik:

 

Baca JugaPersamaan Filter Oli Satria FU / Satria F150, Bisa Pakai Punya Motor Ini

 

3 Kegunaan Filter Oli Satria FU Yang Perlu Diketahui

Baiklah mari kita lanjutkan, berikut beberapa kegunaan filter oli Satria FU yang wajib diketahui oleh penggunanya:

1. Menyaring Kotoran Pada Oli

Yang pertama adalah filter oli berguna untuk menyaring kotoran pada oli. Dari mana kotoran ini? Kotoran pada oli mesin biasa ada karena gesekan antar komponen pada mesin.

 

Biasanya kampas kopling memiliki andil cukup besar dalam menyajikan kotoran pada oli mesin. Serpihan bekas gesekannya biasanya akan tertampung pada oli.

 

Jika sampai masuk ruang bakar, jelas ini akan jadi bahaya yang mengkhawatirkan. Oleh karenanya, di sini vital fungsi dari filter oli mesin, sebab oli dari bak oli akan disaring dulu sebelum masuk ke ruang bakar.

 

Karena tugasnya adalah menyaring, maka lambat laun filter oli ini akan mampet hingga rusak. Oleh karenanya jika filter oli masih standar dan saringannya dari kertas, maka biasa akan diganti tiap 7.500 – 10.000 Km sekali.

 

Sedangkan jika filter oli aftermarket yang saringannya dari logam, maka pada periode jarak tempuh tersebut hanya perlu dibersihkan saja tanpa diganti.

 

2. Menjaga Oli Agar Tetap Bersih

Masih sehubungan dengan poin nomor satu, di mana fungsi atau kegunaan filter oli di Satria FU adalah untuk menjaga oli agar tetap bersih atau minimal lebih bersih jika dibandingkan dengan TANPA MENGGUNAKAN FILTER OLI SAMA SEKALI.

 

Sebenarnya pada bagian bak oli mungkin akan tetap kotor, sebab filter oli biasanya fokus untuk menyaring kotoran yang hendak masuk ke bagian tertentu saja seperti ke bagian ruang bakar yang memang rawan rusak jika banyak kotoran yang masuk.

 

3. Membuat Mesin Agar Lebih Awet

FYI, melepas filter oli memang banyak disarankan secara “sesat” karena bisa membuat aliran oli mesin jadi lebih lancar dan mesin jadi lebih dingin karena suplai oli lebih besar dan lancar.

 

Tetapi efek dari open filter oli adalah bisa membuat ruang bakar meliputi dinding silinder dan pistonnya bisa baret-baret.

 

Ujung-ujungnya adalah enaknya singkat, tapi dampak buruknya lebih parah. Sebab jika sampai ruang bakar aus, maka performa motor bisa drop dan biaya perbaikannya tidak sedikit.

 

Oleh karenanya, sebaiknya gunakan filter oli dan ganti atau bersihkan di periode yang sudah dianjurkan oleh pabrikan motor.

 

Dampak Buruk Tidak Pernah Ganti Filter Oli Satria FU

Ada beberapa dampak buruk dari tidak pernah ganti filter oli pada Satria FU, yakni:

  • Oli cenderung akan lebih mudah kotor karena banyak serpihan
  • Kotoran bisa membuat filter oli mampet dan sirkulasi oli jadi terganggu sehingga mesin jadi mudah panas hingga aus
  • Nafas mesin bisa lebih pendek dan motor jadi mudah bergetar jika filter oli mampet karena banyak kotoran yang menghalangi

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....