Persamaan Filter Oli Satria FU / Satria F150, Bisa Pakai Punya Motor Ini

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai persamaan filter oli Satria Fu.

 

Filter oli, ini adalah salah satu part yang mungkin sering dilupakan, sama halnya seperti filter udara pada motor.

 

Pasalnya filter oli ini terletak di bagian blok mesin dan memang susah untuk dilihat jika tanpa membongkar mesin.

 

Karena merasa filter oli kurang penting, maka tak jarang banyak yang menyepelekan  komponen ini dan enggan menggantinya.

 

Padahal komponen yang satu ini amatlah penting guna menjaga kualitas oli hingga mencegah kerusakan berat pada ruang bakar.

 

Kenapa demikian? Sebab filter oli ini menyaring oli yang hendak masuk ke ruang bakar. Akibatnya, oli yang akan datang ke ruang bakar lebih bersih dan minim akan adanya serpihan-serpihan logam.

 

Serpihan logam ini bisa timbul dari gesekan tiap komponen pada mesin saat bekerja seperti salah satunya adalah sistem kopling.

 

Dan jika sampai serpihan ini masuk ruang bakar, tentu saja bisa bahaya karena bisa membuat piston dan dinding silinder mengalami baret hingga kebocoran.

 

Persamaan Filter Oli Satria FU / Satria F150

Ternyata, persamaan filter oli Satria Fu atau Satria F150 adalah sama dengan GSX R150, GSX S150, GSX 150 Bandit, Skywave, Hayate, Shooter 125, Shogun 125 old, Shogun 110, Smash, Skydrive, hingga Thunder 125.

 

Untuk filter oli ini bisa kalian cari di marketplace online dan ada varian untuk versi original Suzuki hingga aftermarket-nya.

 

Kode Part Filter Oli Satria FU / Satria F150

Salah satu kode part untuk filter oli mesin yang bisa dipasangkan pada Satria F150 adalah filter oli dengan kode 16510B45H20N000.

 

Untuk varian aftermarket dari brand IND, kita bisa pakai filter oli dengan kode SKU: IFOASFU.

 

Dimensi Filter Oli Satria FU / Satria F150

Dari varian filter oli Satria F150 merek IND, dimensi filter olinya adalah sebagai berikut:

  • Diameter Dalam: 13,7 / 21,5 / 23,3 mm
  • Diameter Luar: 43,3 mm
  • Panjang: 40 mm
  • Diameter Filter: 41 mm

 

Tips Membeli Filter Oli Mesin

Persamaan Filter Oli Satria FU / Satria F150, Bisa Pakai Punya Motor Ini
Ilustrasi filter oli mesin


Kita bisa membeli filter oli baik itu yang ori atau pun yang aftermarket asal part yang dibeli berkualitas dan diganti secara rutin.

 

Biasanya pergantian filter oli mesin ini dilakukan tiap 10.000 Km sekali untuk yang versi bahan filter kertas.

 

Sedangkan jika yang saringan atau filternya dari logam, maka kita bisa bersihkan saja tiap 10.000 Km.

 

Jika kalian ada budget lebih, bisa beli varian filter oli dari KTC KYTACO yang biasanya menghadirkan filter oli dengan saringan dari logam.

 

Karena terbuat dari logam, maka cenderung lebih awet dan tidak usah sering diganti. Jadi kita hanya bersihkan saja di tiap periode tertentu seperti di 10.000 Km sekali.

 

Kapasitas Oli Setelah Ganti Filter Oli

Jika sudah mengganti filter oli mesin, maka takaran atau kapasitas oli harus ditambah. MIsalnya saja untuk Satria F150 lama yang kapasitas oli mesinnya adalah sebanyak 1 liter untuk pergantian periodik, maka saat ganti oli, setidaknya tambah kapasitas oli sebanyak 0.1-0.2 liter (jadinya 1.2 liter).

 

Sedangkan jika kita pakai Satria F150 keluaran terbaru yang kapasitas oli mesinnya sebanyak 1.3 liter untuk pergantian periodik, maka setidaknya kita harus isi minimal 1.4 liter oli saat mengganti filter oli.

 

Bertambahnya kapasitas oli ini bukan tanpa alasan, sebab saat filter oli dilepas, maka oli yang ada di area tersebut cenderung akan kosong sehingga perlu asupan lebih banyak oli.

 

Jadi saat kita ganti oli secara periodik, sebenarnya tidak semua oli keluar dari mesin dan ada beberapa bagian mesin yang tetap menjaga oli agar tidak keluar.

 

Karena alasan ini, maka tidak heran jika saat kita bongkar mesin, kita perlu yang namanya asupan oli mesin yang lebih banyak.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....