-->

Tuck in MotoGP adalah? Ini Jawabannya

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai tuck in di MotoGP.

 

Salah satu istilah yang mungkin masih asing bagi GP Mania termasuk kami adalah tuck in. Istilah ini padahal kerap dilakukan oleh para pembalap saat balapan.

 

Hanya saja memang, sedikit sekali komentator yang menyebutkan hal ini, ya itu bila kita bandingkan dengan istilah lain seperti sideby side dan lain sebagainya.

 

Well, dalam artikel ini, Satupiston.com akan coba bahas mengenai apa sih tuck in itu. Let’s kita lanjut ke sub bab berikutnya.

 

Arti Tuck in di MotoGP

Bila kita terjemahkan, arti tuck in adalah masukan (memasukan) atau selipkan. Wah, apa ya maksudnya? FYI sebelum membahas lebih lanjut, kami akan beri tahu bahwa biasanya tuck in ini sering muncul di settingan gaya berkendara video game balap motor seperti game MotoGP terbaru.

 

Selain tuck in, biasanya di game MotoGP terbaru juga ada settingan tentang gaya berkendara saat menikung. Jadi selain settingan motor, gaya berkendara termasuk tuck in di video game MotoGP terbaru dapat dibilang sangat penting.

 

Well, kita coba kembali ke topik utama dalam pembahasaan ini. Tuck in di MotoGP adalah kondisi di mana pembalap membentuk posisi berkendara yang sangat ramah dengan gesekan udara atau berada di posisi streamline. Singkatnya, tuck in adalah posisi pembalap saat membungkuk pada motor di track lurus.

 

Sudah terbayang? Jadi saat pembalap memacu motornya di track lurus, biasanya ia akan membungkukan badan hingga sangat rendah dan bahkan helm bisa sampai menyentuh tangki bahan bakar, posisi tersebut dinamakan tuck in.

 

Tuck in MotoGP adalah? Ini Jawabannya
Quartararo melakukan tuck in saat menikung di sesi tes San Marino (21/9/2021)

Tapi, beberapa literasi juga menyebutkan bahwa tuck in tidak hanya dilakukan saat pembalap membungkukan badan di track lurus, saat di tikungan pun pembalap dengan gaya menikung modern kerap melakukan tuck in, meski memang gaya tuck in-nya berbeda dengan tuck in saat di track lurus.

 

Fungsi Tuck in di MotoGP

Tuck in MotoGP adalah? Ini Jawabannya
Quartararo melakukan tuck in track lurus saat race GP San Marino (19/09/2021)


Beberapa fungsi tuck in di MotoGP adalah sebagai berikut:

  • Memperkecil hambatan antara badan dan udara
  • Saat di tikungan, tuck in dilakukan untuk mendapatkan mid corner dan keluar tikungan dengan racing line terbaik
  • Mempercepat laju motor karena hambatan udara lebih minim
  • Biar tidak masuk angin (ini bercanda sih tapi ada benarnya juga hehe)

 

Yang harus diingat adalah tuck in relatif lebih aman digunakan saat di lintasan balap, sebab jika kita di jalan raya melakukan tuck in dan kebut-kebutan, ya itu tidak aman.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x