-->

Streamline Adalah? Sering Ada di Air dan Udara

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai streamline.

 

Apa itu streamline? Kata yang satu ini kerap ada di beberapa unsur seperti di olahraga air dan soal kecepatan kendaraan.

 

Akan jadi menarik juga jika kita membahas hal yang satu ini, jadi mari kita meluncur ke sub bab berikutnya.

 

Pengertian Streamline

Streamline bila kita terjemahkan artinya adalah garis arus, baik itu arus air atau arus udara. Namun streamline juga dapat kita maknai sebagai mempersingkat atau pun melangsingkan, ya mungkin di sini tafsiran makna streamline masih mentah, jadi kita coba lanjut definisikan.

 

Streamline adalah garis-garis yang dibuat sedemikian rupa di dalam medan kecepatan baik itu di air atau di udara. Fungsi “membuat” garis arus ini adalah agar kita bisa mempersingkat atau mempercepat pergerakan tubuh atau objek.

 

Di ajang balap motor, streamline ini kadang diakali dengan cara melakukan slipstream. Adapun manfaat dari kita mengetahui streamline salah satunya adalah agar gerakan suatu objek dapat lebih aerodinamis ketika tengah melaju di darat maupun di udara.

 

Streamline dalam Olahraga Renang

Di olahraga renang, streamline adalah keadaan posisi tubuh sejajar dengan permukaan air yang resistensinya kecil. Fungsi mencari streamline saat berenang salah satunya adalah agar kita bisa lebih cepat dalam berenang ditambah lagi dengan efisiensi tenaga.

 

Beberapa gaya dalam berenang mengharuskan kita mencari streamline, ya kembali lagi, tujuannya adalah agar kita berenang dengan tenaga yang seefisien mungkin dan dengan kecepatan yang seefektif mungkin.

 

Jadi dalam berenang terutama untuk perlombaan kejuaraan, streamline menjadi vital, sebab salah menentukan streamline dapat membuat hambatan yang besar saat kita berenang, terlebih air memang memiliki hambatan yang lebih besar ketimbang udara.

 

Streamline di Motor

Sebenarnya bukan hanya di motor, tapi pada kendaraan bermotor secara umum juga kerap memperhatikan aspek streamline ini.

 

Terlebih di ajang balap MotoGP, streamline menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan. Ini dibuktikan di mana kini fairing di motor menggunakan aerofairing, winglet, dan bentuk bodi motor dibuat seramah mungkin dengan tekanan udara saat kecepatan tinggi.

 

Streamline Adalah? Sering Terjadi di Air dan Udara
Quartararo melakukan tuck in di track lurus pada GP Misano (19/9/2021)

Bagi pengendara, mereka kerap melakukan tuck in guna memperkecil tekanan dari udara saat berada di kecepatan tinggi.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x