Arti Slipstream MotoGP, Ternyata Ini Maksudnya !!

Daftar Isi [Tampil]

 

Arti Slipstream MotoGP, Ternyata Ini Maksudnya !!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai artik slipt stream pada motoGP.

 

Banyak istilah pada MotoGP yang menganut dari Bahasa Inggris. Selain itu, kadang Bahasa Inggris-nya pun merupakan Bahasa Inggris dalam makna yang konotasi.

 

Nah salah satu bahasa yang cukup ramai diperbincangkan adalah slipstream. Di dunia balap atau bahkan di kehidupan sehari-hari, slipstream ini sering dijumpai.

 

Banyak alasan kenapa melakukan slipstream, salah satunya adalah guna menghemat bahan bakar dan juga membuat laju motor jadi lebih kencang.

 

Loh kok bisa? Mari kita bahas bersama saja.

 

Pengertian Slipstrem

Bila kita perhatikan, slipstream ini berasal dari dua buah kata dalam Bahasa Inggris yakni slip dan juga stream.

 

Adapun bila kita terjemahkan, slip artinya adalah tergelincir sedangkan stream adalah aliran.

 

So, maksudnya bagaimana?

 

Slipstream dapat dimaknai sebagai mencuri angin dalam makna yang tidak sebenarnya. Sebab, slipstream ini justrul seolah membuang angin (berusaha sebisa mungkin agar tidak terkena angin).

 

Lebih lanjut, simak sub bab di bawah ini.

 

Pengertian Slipstream Di MotoGP

Pada dunia balap secara umum dan MotoGP secara khusus, slipstream ini artinya adalah mengambil keuntungan dengan berada tepat di belakang kendaraan lain saat dalam kecepatan tinggi.

 

Apa tujuan dari melakukan slipstream ini? Tujuannya adalah agar angin tidak langsung menerpa bagian bodi dari kendaraan.

 

Angin sendiri menjadi salah satu hambatan dari kendaraan bermotor ketika tengah dipacu, oleh karenanya, dalam dunia balap pasti insinyur motor atau mobil balap akan mendesain sedemikian rupa agar kendaraan balap tersebut dapat seramah mungkin dengan tekanan dari angin (aerodinamika).

 

Keuntungan Melakukan Slipstream

Secara umum, slipstream ini memiliki beberapa keuntungan yakni:

  • Menghemat bahan bakar. Tetapi keuntungan ini berlaku saat mesin dalam kecepatan tinggi atau minimal sedang, sebab jika kecepatan rendah atau tengah macet, ya tidak berpengaruh banyak.
  • Memaksimalkan kecepatan. Sekali lagi, tekanan angin cukup berpengaruh pada laju kendaraan dan pada saat melakukan slipstream, setidaknya kita bisa maksimalkan kecepatan.

 

Kerugian Melakukan Slipstream

Ada beberapa kerugian dari melakukan slipstream yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Rawan celaka, sebab membuntuti kendaraan dalam kecepatan tidak pelan bukan hal yang enteng. Jika kendaraan di depan melakukan manuver mendadak, maka kita dapat berkemungkinan celaka.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)