-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Aki Sonic 150: Ukuran, Persamaan, dan Rekomendasi Aki Sonic 150

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai aki Sonic 150 meliputi ukurannya, persamaan aki hingga rekomendasi aki untuk Sonic 150.

 

Aki pada motor Sonic 150 perannya cukup penting, aki ini akan menjadi penyuplai daya listrik berarus DC pada kelistrikan motor Sonic 150.

 

Terlebih, kami rasa aki ini cukup penting untuk menunjang sistem elektrik starter bagi Sonic 150. Meski memang Sonic 150 punya kick starter, namun kick starter dari Sonic 150 terbilang keras sehingga banyak yang enggan menggunakan kick starter dari Sonic 150.

 

Selain itu, terkadang jika sistem kopling bermasalah, maka kick starter pun akan menjadi bermasalah juga. Hal tersebut semakin menegaskan bahwa sistem elektrik starter dan aki harus prima agar motor dapat dinyalakan dengan sekali pencet tombol.

 

Baca JugaPenyebab Kick Starter Ngelos Pada Sonic 150

 

BTW, sistem starter ini punya konsumsi listrik paling mayor di sistem kelistrikan motor, oleh karenanya tak heran jika kita menekan tombol starter, maka voltase serta ampere di aki akan turun cukup curam.

 

Jika aki masih oke, aki akan terisi kembali voltase dan amperenya via sistem pengisian aki (itu pun jika sistem pengisian masih oke). Namun jika aki sudah drop, seberapa lama pun aki diisi, maka hasilnya akan tetap sama.

 

Nah jika kalian hendak mengganti aki Sonic 150 dan mencari aki yang bagus untuk Sonic 150, tak ada salahnya untuk membaca sub bab di bawah ini.

 

Ukuran Aki Sonic 150

Aki Sonic 150: Ukuran, Persamaan, dan Rekomendasi Aki Sonic 150


Ukuran aki Sonic 150R standar adalah sebesar 5 Ampere Hours dan memiliki tegangan 12 Volt. Sedangkan untuk dimensinya, panjang x lebar x tinggi dari aki bawaan Sonic 150 adalah sebesar 114 mm x 71 mm x 106 mm.

 

Adapun dari pabrikan, Sonic 150 diberi aki dari GS Astra GTZ6V. nah aki ini sendiri punya beberapa persamaan yang akan kita bahas di bawah ini.

 

Persamaan Aki Sonic 150

FYI, aki dari GS Astra sendiri kerap dikloning. Sebut saja, GS Astra selalu memberi emblem huruf GS pada akinya, jadi aki GS Astra GTZ6V akan ditulis GS GTZ6V pada aki. Dan di marketplace, kami hampir terkecoh ketika hendak membeli aki GS Astra GTZ6V ini, sebab ternyata GS yang tertera di aki bukan berasal dari GS Astra melainkan dari merek lain (huruf dan emblemnya cukup mirip serta membuat kita harus benar-benar jeli agar tidak merasa dirugikan).

 

Oleh karenanya sebagai opsi jika kita susah mencari GS Astra GTZ6V, maka kita bisa gunakan aki “saudaranya” yang berharga sedikit murah yakni Aspira GTZ6V. Ya, Aspira merupakan salah satu brand dari Astra juga, jadi mungkin kualitasnya 11-12 dengan brand GS Astra.

 

Baca JugaUnboxing dan Review Aki Aspira GTZ6V, Bagus Kah?

 

Overall, ada beberapa persamaan aki yang dapat dipasangkan pada Sonic 150, misalnya saja:

  • Aki berkode MTZ6S
  • Aki berkode YTZ6V dari Yuasa
  • Aki berkode GTZ7S dari Aspira dan GS Astra
  • Aki berkode YTZ7S dari Yuasa

 

Untuk aki dengan kode “7S” di belakangnya merupakan aki yang speknya hampir sama, hanya saja punya kapasitas lebih besar sekitar 0,5 Ampere Hours.

 

Rekomendasi Aki Sonic 150

Secara umum, kami pasti memberikan rekomendasi aki Sonic 150R dari brand GS Astra GTZ6V yang merupakan aki bawaan. Namun jika susah didapatkan, kita bisa menggunakan Aspira GTZ6V atau jika ingin coba brand Yuasa, kita bisa gunakan aki YTZ6V yang secara spek hampir sama.

 

Baca JugaAki GS vs Yuasa Bagus Mana? Simak Di Sini !!!

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x