-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Penyebab Kick Starter Ngelos Pada Sonic 150

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab kick starter ngelos pada Sonic 150.

 

Penyabab kick starter ngelos ini bisa juga berlaku untuk motor Honda dengan basic mesin serupa seperti Supra GTR 150 maupun CB150 V2 yang memiliki kick starter.

 

Beberapa waktu lalu, kami dibuat jengkel karena mesin motor Sonic 150 tidak dapat dihidupkan karena aki yang tekor serta bendik starter Sonic 150 yang ikut rusak setelah kami ganti aki ke aki baru.

 

Baca JugaAtasi Sonic 150 Tidak Bisa Starter Hanya Bunyi Cetek-Cetek (Cara Ganti Bendik Sonic 150)

 

Sebenarnya mungkin kalian bertanya, Sonic 150 kan punya kick starter atau engkol atau selahan? Kalau aki atau bendik starter rusak, tentu tinggal diengkol saja motornya dan mesin pun pasti akan menyala.

 

Ya benar, itu tidak salah. Tetapi motor kami punya kendala lain yang menyebabkan kick starternya ngelos dan tidak dapat digunakan untuk memulai start mesin.

 

Intinya banyak kerusakan pada motor yang menyebabkan kerusakan secara kontinyu pada motor Sonic 150 milik kami.

 

Lalu back to the point, apa penyebab dari kick starter yang ngelos pada Sonic 150?

 

Kick Starter Ngelos Pada Sonic 150

Penyebab Kick Starter Ngelos Pada Sonic 150


Salah satu penyebab dari kick starter yang ngelos pada Sonic 150, Supra GTR, atau CB150R adalah karena sistem kopling telah aus. Sistem kopling tersebut mencakup kampas kopling, pelat gesek, rumah kopling, kaki 4 dan lawannya, dan bagian sistem kopling lain yang membuat sistem kopling jadi terlalu renggang.

 

Loh kok sistem kopling penyebabnya? Sederhana saja, kenapa di awal kami sebut masalah ini bisa terjadi pada Sonic 150 atau motor Honda lain yang basic mesinnya sama? Sebab Honda Sonic 150 dan saudaranya menganut sistem kopling dan kick starter di mana JIKA KITA TEKAN TUAS KOPLING, MAKA KICK STARTER NGELOS. Benar bukan?

 

Ya, hal ini berbeda dengan sistem kopling dan kick starter dari motor Yamaha Byson misalnya, di mana meski kita tekan tuas kopling, kick starter masih bisa berfungsi dan tidak ngelos. Jadi di Byson, mau kopling rusak atau tidak, itu tidak terlalu berpengaruh pada kick starter.

 

Berbeda dengan Sonic 150 dan saudaranya, di mana saat sistem kopling sudah aus parah dan membuat tarikan mesin sering selip dan meraung, maka hal tersebut dapat membuat kick starter tidak berfungsi dengan baik karena mesin menganggap kita tengah menekan tuas kopling meski saat kita menggunakan kick starter, kita tidak sedang menekan tuas kopling.

 

Dampak buruk dari sistem ini adalah saat kelistrikan bermasalah, maka kita tidak bisa melakukan start mesin dari kick starter.

 

Namun dampak baiknya dari sistem kick starter ini adalah kita jadi tahu bahwa sistem kopling bermasalah ketika kick starter ngelos dan tidak bisa digunakan untuk melakukan start mesin.

 

Oh iya, kick starter di Honda Sonic 150 ini cukup keras ya jika dalam keadaan normal. Jadi saat ngelos, mungkin rasanya sama seperti kick starter di motor lain yang kick starternya tidak keras seperti Byson misalnya.

 


Jadi meski dibilang ngelos, namun faktanya di Honda Sonic 150, kick starter masih terasa ada tekanan namun sekali lagi bila dibandingkan dengan keadaan normal, kick starternya jauh lebih “empuk”.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x