-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

3 Alasan Honda Beat Sering Dicuri


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai alasan-asalan yang membuat Honda Beat sering dicuri.

 

Honda Beat merupakan motor metik dari Astra Honda Motor (AHM) yang dibekali dengan kubikasi mesin sebesar 109.5 cc yang sanggup mengeluarkan daya terbaiknya di angka 6.6 kW pada putaran 7.500 rpm, sedangkan torsi terbaiknya ada di angka 9.3 N.m pada putaran 5.500 rpm.

3 Alasan Honda Beat Sering Dicuri
Sumber: astra-honda.com

Jika kita boleh jujur, Honda Beat ini merupakan salah satu motor metik yang paling laku di Indonesia untuk saat ini dan beberapa tahun ke belakang.

 

Baca Juga: Alasan Mengapa Honda Beat Sering Dibully

 

Ya jika dulu ada Yamaha Mio yang jadi rajanya kelas metik, untuk sekarang ada Honda Beat yang jadi rajanya motor metik dengan kubikasi mesin di bawah  150 cc (untuk motor metik di kelas 150 cc, sekarang raja penjualannya dipegang oleh Yamaha Nmax 155).

 

Nah bicara soal pencurian kendaraan bermotor tepatnya sepeda motor, salah satu alasan kenapa motor bisa dicuri adalah karena si pemilik yang lengah entah itu memarkirkan kendaraan secara sembarangan, atau lupa mengunci ganda.

 

Namun terlepas dari kelalaian si pemilik, ada fakta menarik nih yang menjadi alasan kenapa Honda Beat sering dicuri atau dalam kalimat yang lain adalah “Kenapa Pencuri Motor Lebih Menyukai Mencuri Honda Beat?”

 

Setidaknya ada tiga alasan yang mendasari kenapa Honda Beat jadi “makanan empuk” para pencuri sepeda motor. Alasan-alasan tersebut adalah sebagai berikut:

 

1. Mudah Dibobol atau Dicuri

Alasan pertama yang kami ketahui dari beberapa sumber literasi adalah karena Honda Beat mudah untuk dibobol kunci kontaknya.

 

Dalam artian, Honda Beat ini jadi motor yang paling cepat untuk dibobol jika dibandingkan dengan motor lain. Jika kalian berfikir pengaman ganda pada lubang kunci kontak sulit untuk dibuka, maka kalian salah, sejatinya para pencuri pun terus belajar untuk tetap bisa update dengan teknologi keamanan motor kita agar dapat membobol kunci kontak dari varian motor terbaru termasuk dari Honda Beat.

 

Banyak yang menyarankan untuk mengunci stang Honda Beat ke arah kanan, namun hal tersebut rupanya tidak terlalu berpengaruh. Karena itu tadi, Honda Beat cukup mudah dibobol dan mengunci stang ke arah kanan hanya sedikit mempersulit ruang gerak si pencuri serta memperlambat sepersekian detik aksi si pencuri.

 

Opsi dari kami adalah dengan mengunci ganda (tambahan) menggunakan gembok atau kunci ganda lain yang bisa kita pasang di piringan cakram, atau di tuas rem. Selain itu, kita dapat pasangkan alarm agar begitu motor dibobol paksa, maka motor akan berbunyi dan setidaknya akan membuat si pencuri berfikir ulang untuk melanjutkan aksi pencuriannya.

 

2. Honda Beat Banyak Penggunanya

Apa hubungannya antara banyaknya pengguna Honda Beat dengan aksi pencurian yang banyak disasarkan pada Honda Beat? Alasannya sederhana, jadi Honda Beat ini jumlahnya di jalanan terutama di kota-kota besar sangat banyak populasinya.

 

Menariknya lagi, Honda Beat ini memiliki warna yang kebanyakan sama. Misal warna biru, merah, hitam, dan sejenisnya. Jadi intinya benar-benar pasaran.

 

Kadang ada pemilik Honda Beat yang salah menaiki motor Honda Beat-nya ketika di parkiran. Kurang ngeri gimana coba???

 

Nah back to the point, ketika suatu barang sangat banyak jumlahnya yang beredar di jalanan, maka hal tersebut berpeluang besar untuk tidak terendus setelah dicuri.

 

Salah satu opsi untuk menghindari alasan ini adalah dengan membuat tampilan Honda Beat kita berbeda dari mayoritas pengguna Honda Beat lain. Misal menggunakan decal atau livery costume, atau mengganti velg atau modifikasian lain yang membuat motor kita jadi berbeda dari motor Beat kebanyakan (modifnya yang safety ya).

 

Jika Honda Beat kita berbeda dengan Honda Beat punya kebanyakan orang, maka setidaknya hal tersebut akan membuat si pencuri berfikir ulang untuk mencuri motor kita (kalau motornya beda dari yang lain, begitu si pencuri memakainya tentu kita akan langsung tahu bahwa itu motor kita).

 

3. Mudah Laku

Alasan yang terakhir adalah karena Honda Beat mudah laku. Salah satu alasan pencuri melakukan pencurian adalah karena faktor permintaan. Jadi jika ada yang mencari, maka pencuri akan beraksi.

 

Selain itu, si pencuri pun biasanya tidak suka menahan motor hasil curiannya dalam jangka waktu lama.

 

Biasanya si pencuri akan dengan segera menjual motor hasil curiannya guna kepentingan uang dan juga untuk menghilangkan barang bukti. Jika ternyata motor yang dicuri ternyata tidak laku di pasaran, maka si pencuri biasanya akan menjual motor dengan cara peretelan agar yang penting jadi duit.

 

Baca Juga: Amankah Membeli Motor STNK Only?

 

Menjual motor secara peretelan atau satuan memang bisa membuat part pada motor laku, namun kosekuensinya adalah yang terjual jarang bisa semuannya dan biasanya keuntungan yang didapat akan lama.

 

Oleh sebab itu, dari pada menjual barang hasil curian yang kurang laku, si pencuri biasanya akan mencuri motor yang di pasaran mudah untuk terjual, dan Honda Beat ini menjadi salah satu motor yang mudah untuk terjual.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

bola-bola susu murah

 


Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript