-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Apa Perbedaan oli MPX 1 dan MPX 2 ?

Apa Perbedaan oli MPX 1 dan MPX 2 ?


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan oli MPX 1 dan MPX 2.

 

Oli MPX series sendiri merupakan oli yang didistribusikan oleh Astra Honda Motor atau AHM. Oli ini direkomendasikan untuk motor-motor dari Honda seperti Supra X 125, Beat, CBR 150 dan lain sebagainya.

 

Namun perlu diingat bahwa MPX 1 dan MPX 2 memiliki perbedaan yang perlu kita perhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Perbedaan Peruntukan

Meski sama-sama berbahan baku mineral dan sama-sama memiliki kekentalan SAE 10W - 30, namun dua produk dari MPX ini tidak dapat saling tukar pakai.

 

Alasannya adalah karena MPX 1 diperuntukan untuk motor dengan jenis kopling basah sedangkan MPX 2 diperuntukan untuk motor dengan jenis kopling kering.

 

Secara garis besar, MPX 1 ini digunakan untuk motor dengan jenis kopling manual hingga semi otomatis. Contohnya adalah motor Honda Sonic 150 hingga Honda CBR 150.

 

Apa Perbedaan oli MPX 1 dan MPX 2 ?
Sumber: astra-honda.com



Sedangkan MPX 2 secara umum diperuntukan untuk motor dengan jenis kopling kering yakni motor metik seperti Honda Beat dan sejenisnya.

 

Apa Perbedaan oli MPX 1 dan MPX 2 ?
Sumber: astra-honda.com

Perbedaan Sertifikasi

Meski sama-sama memiliki sertifikasi API-SL, namun ada sedikit pembeda dari sertifikasi lain dari kedua oli MPX ini. MPX 1 memiliki sertifikasi Jaso: MA, sedangkan MPX 2 memiliki sertifikasi Jaso: MB.

 

Perbedaan Ketersediaan Takaran

MPX 1 tersedia dalam tiga takaran yakni takaran 0.8 liter, 1 liter, dan 1.2 liter. Sedangkan MPX 2 hanya tersedia dalam satu takaran yakni 0.8 liter.

 

Perbedaan Harga

Jika kami bandingkan oli MPX 1 dan MPX 2 yang sama-sama memiliki takaran 0.8 liter, rupanya ada perbedaan dari segi harganya.

 

MPX 1 dengan takaran 0.8 liter memiliki harga Rp. 43.500, sedangkan MPX 2 dengan takaran yang sama memiliki harga Rp. 45.500.

 

Harga di atas kami cek pertanggal 20 September 2020 pada situs resmi Astra Honda Motor (AHM) yakni astra-honda.com.

 

Nah tulisan ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

bola-bola susu murah

 


Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript