4 Perbedaan Oli SPX 1 dan SPX 2, Awas Jangan Salah Pilih

Daftar Isi [Tampil]
Perbedaan Oli SPX 1 dan SPX 2, Awas Jangan Salah Pilih


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan oli SPX 1 dan SPX 2.

 

Baik itu SPX 1 maupun SPX 2, keduanya sama-sama merupakan varian oli yang dipasarkan oleh Astra Honda Motor (AHM).

 

Baca Juga: Warna Baru SPX dan MPX AHM Oil 2022


SPX sendiri memiliki kepanjangan yakni Superior Protection Expert yang mana oli dari SPX ini dapat dikatakan lebih berperforma baik bila dibandingkan dengan oli MPX. Selain itu, harga dari oli SPX ini berada di atas oli MPX.

 

Baca Juga: Perbedaan Oli MPX dan SPX dari AHM !!! Wah Lumayan Banyak Bedanya

 

Oh iya, jika ada yang bertanya mengenai bahan baku dari oli ini maka jawabannya adalah oli SPX ini menggunakan bahan baku full sintetik dan bukan menggunakan bahan baku semi sintetik ataupun mineral.

 

1. Perbedaan Peruntukan

Yang pertama kami akan coba bahas mengenai peruntukan dari kedua oli ini. Baik itu SPX 1 maupun SPX 2 sama-sama menggunakan oli dengan kekentalan 10W-30.

 

Namun setifikasi Jaso-nya berbeda dimana SPX 1 memiliki Jaso Ma sedangkan SPX 2 memiliki Jaso Mb.

 

Artinya adalah SPX 1 ini peruntukannya adalah untuk motor dengan jenis kopling basah baik itu motor dengan kopling semi otomatis maupun motor dengan kopling manual seperti Supra GTR, Sonic 150, Supra X 125, CBR 150, dan lainnya.

 

Sedangkan SPX 2 peruntukannya adalah untuk motor dengan jenis kopling kering layaknya motor metik. Contoh motor metik yang dapat menggunakan oli SPX 2 diantaranya adalah Honda Beat, Honda ADV 150, Honda PCX 150, dan lain sebagainya.

 

Jadi secara peruntukan, baik itu SPX maupun MPX keduanya sama-sama dibedakan berdasarkan kode 1 dan 2 yang tidak dapat saling tukar penggunaannya (untuk oli MPX ada tipe MPX 3 yang diperuntukan untuk motor dengan jenis kopling basah yang usianya sudah mulai tua).

 

2. Perbedaan Takaran

Untuk urusan takaran, kedua oli SPX ini memiliki perbedaan ketersediaan takaran dimana SPX 1 tersedia dalam tiga pilihan takaran yakni takaran 0.8 liter atau 800 ml, 1 liter atau 1000 ml, serta 1.2 liter atau 1200 ml. Sedangkan oli SPX 2 tersedia dalam satu pilihan takaran yakni takaran 0.8 liter atau 800 ml.

 

3. Perbedaan Harga

Bicara soal harga, tentunya ada perbedaan harga dari SPX 1 dan SPX 2. Berikut kami sajikan rincian harga dari oli SPX 1 dan SPX 2 di bawah ini:

 

SPX 1

SPX 1 Takaran 0.8 Liter

Rp. 53.000

SPX 1 Takaran 1 Liter

Rp. 59.000

SPX 1 Takaran 1.2 Liter

Rp..70.000

SPX 2

SPX 2 Takaran 0.8 Liter

Rp. 54.000

 

Harga di atas kami rekap pertanggal 21 September 2020 pada situs resmi Astra Honda Motor (AHM) yakni astra-honda.com. Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu.

 

4. Perbedaan Kemasan

Bicara soal kemasan, ada pembeda tersendiri mengenai perbedaan kemasan oli SPX 1 dan SPX 2. Oli SPX 1 menggunakan kemasan berwarna oren dengan tutup botol berwarna merah, sedangkan SPX 2 menggunakan kemasan warna oren dengan tutup botol berwarna biru.

 

Kemasan SPX 1

 

Perbedaan Oli SPX 1 dan SPX 2, Awas Jangan Salah Pilih

Kemasan SPX 2

 

Perbedaan Oli SPX 1 dan SPX 2, Awas Jangan Salah Pilih

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa. Wassalamu’alaikum.

 

Sumber gambar astra-honda.com

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)