-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Apa Yang Dimaksud Dengan OEM dan Perbedaan OEM Dengan Ori ???

Apa Yang Dimaksud Dengan OEM dan Perbedaan OEM Dengan Ori ???


Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan OEM dan perbedaan OEM dengan ori.


Sob, tidak terasa sekarang sudah 7 hari berjalanannya ibadah saum bulan Ramadhan 1441 Hijriah.

Bagaimana saumnya, apakah masih lancar????

Oke pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai maksud dari OEM dan perbedaannya dengan ori.

Baik OEM maupun ori, keduanya merupakan istilah untuk barang atau komponen secara umum termasuk pada barang atau komponen pada otomotif.

OEM dan ori sering disematkan pada barang-barang yang dijual, tujuannya adalah untuk mengidentifikasi komponen tersebut.


 Lalu apa sih OEM itu?

OEM sendiri merupakan singkatan dari Original Equipment Manufacturer yang maksudnya adalah merupakan barang atau komponen atau suku cadang asli buatan pabrikan lain.

Maksudnya bagaimana? Jadi begini, sepeda motor membutuhkan banyak komponen dalam perakitannya, mulai dari mesin dan jeroannya hingga ke bodi. Pihak pabrikan motor dalam alasan tertentu enggan untuk memproduksi “sendiri” tiap komponennya, jadi ada kalanya komponen tersebut dibuat atau dioperkan pada pabrikan lain yang spesifikasi dan standarisasinya ditentukan oleh pabrikan sepeda motor yang bersangkutan.

Sebagai contoh dari motor Honda, yang mana dari pihak Honda beberapa komponen sepeda motornya dibuat dari beberapa pabrikan lain misal dari Astra atau Aspira. Selain itu, pada bagian velg dan ban juga dibuat dari pabrikan lain yang tidak diproduksi sendiri oleh Honda.

Apakah produk OEM itu asli??? Tentu saja OEM atau Original Equipment Manufacturer itu asli, karena ori sendiri merupakan singkatan dari original yang artinya adalah asli.

Jadi jika OEM itu asli dan ori juga asli? Jadi apa perbedaan antara barang OEM dan ori? Bedanya sebetulnya cukup sederhana.

OEM itu merupakan barang yang “dipesan” oleh pabrikan motor pada perusahaan lain, sedangkan ori sendiri merupakan barang asli yang diproduksi oleh suatu perusahaan yang sudah memiliki hak paten.

Jadi ori itu maknannya lebih luas. Namun dalam pembahasan ini, ori lebih merujuk pada produk dari masing-masing perusahaan. Jika yang dimaksud adalah suku cadang ori Yamaha atau suku cadang ori Honda, maka barang yang dimaksud adalah barang yang diproduksi sendiri oleh Yamaha maupun Honda tanpa bantuan pihak ketiga.

Bagaimana sudah paham?????

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.



Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript