★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Arti Aftermarket Pada Motor



Arti Aftermarket Pada Motor

Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai arti aftermarket pada motor.


Aftermarket biasanya berkenaan dengan komponen pada sepeda motor, sebut saja onderdil, atau aksesoris tambahan yang disediakan untuk pasar sepeda motor pada umumnya.

Bagi kalian yang sering berkelana di dunia internet, pasti sudah sangat fasih mendengar kata aftermarket ini, terlebih bila yang dibahas adalah seputar modifikasian motor.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan aftermarket pada sepeda motor?

Aftermarket merupakan gabungan dua buah kata dalam Bahasa Inggris yakni after dan market. After bila kita terjemahkan artinya adalah sesudah. Sedangkan market artinya adalah pasar. Jadi aftermarket dapat kita maknai sebagai produk sesudah pasar.

Susah memang untuk memaknai aftermarket secara bahasa hehe, namun dapat deskripsikan bahwa produk aftermarket adalah produk berupa komponen-komponen otomotif mulai dari bodi, rangka, velg, ban, aki, kabel, dan lain sebagainya yang merupakan produk selain buatan pabrikan motor yang bersangkutan.

Nah biasanya produk aftermarket ini merupakan produk yang dijual “sesudah” ada pasar yang ditargetkan. Misalnya saja ketika ada motor baru dari Yamaha sebut saja motor Namex.

Tentunya saat motor Yamaha Namex keluar, pihak Yamaha sudah barang tentu menyiapkan onderdil atau sperpart originalnya.

Nah untuk memenuhi kebutuhan pasar, lahirlah aftermarket yang diproduksi dari pabrikan bebas yang sudah memiliki lisensi Certified Automobile Parts Association (CAPA) dan memiliki izin produksi dari pabrikan motor yang bersangkutan.

Intinya produk afternmarket dibuat untuk membuat varian odnerdil lebih beragam karena disesuaikan untuk berbagai kebutuhan (misal untuk balapan) serta menekan praktik monopoli pasar hehe.

Lalu mungkin ada yang bertanya, apakah produk aftermarket kualitasnya di bawah produk dari pabrikan motor yang bersangkutan?

Jawabannya tergantung, produsen produk aftermarket biasanya menyediakan komponen aftermarket yang beraneka ragam dan kualitas yang berbeda-beda pula.

Ada yang kualitasnya lebih buruk, ada juga yang lebih bagus. Tetapi tenang saja sob, selama produsen produk aftermarketnya terpercaya, kami yakin kualitasnya akan lebih bagus atau minimal sama hehe terutama jika konsepnya adalah “ada harga ada kualitas”.

Perlu diketahui juga sob bahwa produk aftermarket ini telah dilakukan beberapa tes termasuk tes material dan proses pembuatannya. Jadi jangan mengira bahwa produk aftermarket merupakan produk yang buruk.

Contoh-contoh produk aftermarket adalah suspensi Ride It, Velg Vrossi, Rem RCB, dan lain sebagainya.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript