Mengapa Plat Nomor Kendaraan Disensor Ketika Dalam Foto Yang Dipublikasikan?


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel satupiston.com. Kali ini kita akan membahas mengenai kenapa atau mengapa plat nomor kendaraan disensor atau diblurkan ketika dalam foto yang dipublikasikan secara umum?


Mungkin ada di antara kita yang bertanya-tanya kenapa plat nomor polisi pada motor disensor atau diburamkan ketika foto tersebut dibagikan pada grup sosial media, atau bahkan di majalah dan koran pun demikian.

Mengapa? Apakah ada sesuatu?

Nampaknya rasa penasaran terbut juga menghampiri beberapa teman kita dan salah satunya juga ditanyakan oleh akun Facebook bernama Itsuka Sidiq. Dalam unggahan fotonya di grup Facebook Honda Sonic 150R Modifikasi, ia membagikan foto dengan keterangan sebagai berikut:

Mengapa Plat Nomor Kendaraan Disensor Ketika Dalam Foto Yang Dipublikasikan?


Nopol di kasi liat gini apa dampak ny boss... Ane sering liat postingan orang nopol ny di blurr..” Ucapnya dalam keterangan foto.

Dalam unggahan tersebut, banyak juga para pengguna motor yang merasa bingung. Sembari ada beberapa praduga yang mengatakan jika nomor plat kendaraan yang diblur bisa jadi merupakan motor yang bodong.

Kendati tidak sepenuhnya salah, tetapi mari kita bahas saja bersama mengapa plat nomor kendaraan tersebut diburamkan pada saat diunggah atau dipublikasikan secara umum.

Disadari atau tidak,bila kita melihat kendaraan di koran, serta di Google Street View (Google Maps), kita akan melihat kendaraan-kendaraan termasuk motor yang plat nomor kendaraannya sengaja disensor dengan diburamkan.

Ternyata hal tersebut bukan tanpa alasan. Mengapa? Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keamanan dari pengguna kendaraan tersebut.

Disadari atau tidak, plat nomor kendaraan merupakan identitas dari kendaraan yang bisa menunjukan sang pemiliki kendaraan tersebut. Hal tersebut karena secara ter-registrasi, plat nomor kendaraan akan mencacatatkan pemiliki dari kendaraan tersebut.

Oleh sebab itu, sangat riskan bila terjadi penyalahgunaan terhadap plat nomor kendaraan.

Bayangkan saja jika kami adalah penjahat, dan untuk melakukan kejahatan misal merampok, kami menggunakan plat nomor kendaraan palsu yang bertujuan untuk menghilangkan jejak bila kendaraan kami terekam atau dilihat oleh CCTV atau warga.

Tentu untuk membuat nomor kendaraan palsu pun akan ada pertimbangan. Misalnya saja plat nomor tersebut berasal dari nomor polisi kendaraan yang masih aktif yang sengaja kami gunakan untuk mengelabui polisi. Sehingga apabila ketahuan, polisi akan terlebih dahulu melacak pengguna nomor kendaraan yang kami palsukan.

Dengan demikian, potensi atau waktu pelarian akan semakin banyak. Nah itu bila dilakukan tanpa maksud langsung pada korban. Bisa dibayangkan jika ada hal yang lebih parah? Misalkan kami yang kesal dengan si A. Kemudian kami melakukan kejahatan menggunakan nomor polisi kendaraan si A. Dengan tujuan supaya nantinya si A yang bertanggung jawab.

Hal-hal seperti di atas sempat juga viral di media sosial. Singkatnya ketika terjadi tilang secara elektronik, ternyata yang akan ditilang tidak melakukan pelanggaran lalu-lintas, dan yang melakukan adalah orang lain yang melakukan pelanggaran lalu-lintas yang sengaja memalsukan plat nomor kendaraan.

Tentunya hal tersebutlah yang mengakibatkan kenapa banyak plat nomor kendaraan yang diburamkan atau disensor pada saat kendaraan tersebut masuk media masa ataupun masuk media sosial.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Semoga bermanfaat dan akhir kata sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Plat Nomor Kendaraan Disensor Ketika Dalam Foto Yang Dipublikasikan? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel