Membandingkan Penyakit dari Motor Honda CB 150R/ CBR 150R serta Yamaha Vixion/ R 15




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel satupiston.com. Kali ini kita akan mengulas penyakit dari Honda CB 150R/ CBR 150R serta penyakit dari Yamaha Vixion/ R 15.


Penyakit ini sering sekali dikeluhkan oleh para pengguna kuda besi dari kedua tipe dan kedua pabrikan tersebut. Lalu seperti apa penyakit yang kami maksud? Mari kita simak gambar di bawah.

Membandingkan Penyakit dari Motor Honda CB 150R/ CBR 150R serta Yamaha Vixion/ R 15


Mau Tanya Lur, CBR Mesin Saya Klotok’, Kalau Dibiarin Bisa Ngerusak Mesin Ga Lur?” Ujar akun Facebook Uki Mulki di grup Facebook All New Honda CBR 150R Facelift [K45G] Indonesia.

Secara spesifik, ternyata CBR 150R baru atau facelift memiliki masalah suara mesin yang sering klotok-klotok. Namun secara umum nyatanya mesin Honda dengan kode tipe K45 series serta K56 series juga mengalaminya. Sebut saja Honda CB 150R, Honda Supra GTR, hingga Honda Sonic 150R yang kami miliki juga mengalami penyakit yang sama.

Sebetulnya suara klotok-klotok tersebut berasal dari mana? Usut punya usut, ternyata suara klotok-klotok tersebut berasal dari tensioner rantai keteng yang berfungsi kurang baik sehingga rantai keteng atau rantai kamprat sering kendor. Ya jika boleh dibilang, kami rasa ini merupakan sebuah part yang cukup cacat produksi.

Kemudian apabila tensioner rantai keteng tersebut kita biarkan dan suara klotok-klotok kita biarkan apakah tidak bahaya? Jawabannya berbahaya sekali, artikel lengkapnya ada di sini. Dari pengalaman kami, tensioner yang tidak bekerja dengan baik mampu membuat klep atau katup pada mesin motor menjadi bengkok.

Masalahnya adalah ketika bunyi klotok-klotok itu muncul, tandanya rantai keteng tengah kendur. Dan bila rantai kendur dan kita biarkan akan membuat performa motor berkurang. Tetapi bila dikencangkan malah akan membuat rantai keteng keluar jalur dan membuat klep bisa bengkok karena tertabrak oleh kepala piston.

Kemudian kita bahas penyakit dari pabrik sebelah dan merupakan saingan terberat Honda di Indonesia. Adalah Yamaha dengan Yamaha Vixion serta R 15 dengan kode mesin 1PA/ 2PV serta kode mesin 2PK.

Penyakit yang kita bahas adalah masalah jedak-jeduk. Berbeda dengan gen mesin Honda yang tadi kita bahas yang memiliki masalah di tensioner sehingga mengakibatkan mesin berbunyi klotok-klotok.

Pada Yamaha Vixion serta R 15 V2 kita akan menemukan penyakit yang sering dikeluhkan yakni jedak-jeduk. Namun selain kedua jenis motor tersebut, nyatanya Yamaha Byson yang kami miliki pun memiliki masalah jedak-jeduk yang sama.

Simak saja penuturan pengguna Yamaha R15 V2 di bawah ini:

Membandingkan Penyakit dari Motor Honda CB 150R/ CBR 150R serta Yamaha Vixion/ R 15


Suhu mau tanya ni. Kenapa kalo saya manasin. kalo kopling di pegang suaranya bagus. Tapi kalo di lepas suaranya beda.. Mohon pencerahannya..” Tutur Mar Umar melengkapi keterangan foto di grup Facebook Yamaha R15 Modifikasi.

Kendati tidak menjelaskan secara jelas perbedaan suara tersebut, namun dari isi komentar yang dibahas, ternyata perbedaan suara tersebut mengarah pada suara jedak-jeduk yang memang ciri-ciri tersebut juga sama kami rasakan.

Lalu apa penyebabnya? Artikel lengkapnya kami tulis di sini.

Kurang lebih penyebabnya adalah karena karet kopling yang aus dan menyebabkan rumah kopling oblak. Apakah berbahaya? Kendati belum kami rasakan bahayanya, namun banyak yang mengatakan bila dibiarkan akan mengakibatkan rumah kopling serta primary drive menjadi rusak atau aus.

Selain itu, suara jedak-jeduk tersebut diyakini bisa menyebabkan motor menjadi sering selip karena rumah kopling yang oblak atau sudah tidak seseg lagi.

Nah bila kita simak pembahasan di atas, rasanya kita bisa tahu bahwa sejatinya tidak ada produk manusia yang sempurna. Tak terkecuali untuk dua motor yang merupakan motor dengan segmen persaingan yang ketat antar dua pabrikan raksasa di Indonesia.

Setelah kita bahas sedikit mengenai penyakit dari kedua motor dari dua pabrikan tersebut, kami harapkan kita jadi lebih bersiap jika ingin meminang salah satu dari motor yang telah kita bahas tersebut.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Membandingkan Penyakit dari Motor Honda CB 150R/ CBR 150R serta Yamaha Vixion/ R 15 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel