★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Penyebab Mesin Motor Yamaha Jedak-Jeduk



Penyebab Motor Yamaha Jedak-Jeduk


Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dari mesin motor Yamaha jedak-jeduk.


Kenapa judulnya motor Yamaha ??? Ya karena kebanyakan problema ini dialami oleh motor sport dari Yamaha bermesin 150 cc.

Sebut saja Yamaha Vixion, Yamaha Byson, Yamaha R15, dan motor sport Yamaha lain berkubikasi 150 cc.

Masalah ini juga menimpa motor Yamaha kami dan sejauh ini belum kami perbaiki hehe. Namun kami akan bahas saja penyebabnya pada artikel ini.

Kronologinya seperti ini, mungkin kalian pernah menghidupkan motor kalian di pagi hari atau di waktu lain, tetapi sebelumnya motor sudah beberapa jam tidak digunakan.

Ketika motor masih dingin dan kita nyalakan mesinnya, timbul suara jedak-jeduk seperti suara lamsang motor yang tertahan.

Namun suara jedak-jeduk tersebut menghilang dengan sendirinya ketika kita tekan tuas kopling atau saat mesin motor sudah panas.

Jika motor Yamaha kalian mengalaminya, maka selamat, motor kalian bermasalah hehe. Masalahnya dimana?? Di bagian koplingnya.

Penyebab motor Yamaha mengalami jedak-jeduk adalah karena karet koplingnya bermasalah dimana karet kopling sudah tidak elastis dan membuat area primary drive tidak flaksibel.

Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan mengganti karet koplingnya. Untuk motor Yamaha sendiri, kita tidak dapat mengganti karet kopling ke bengkel resmi dan bengkel biasa.

Bengkel resmi tidak menjual karet kopling secara terpisah artinya kita harus membeli satu set dengan rumah kopling.

Sedangkan bengkel biasa pun kadang akan menolak, karena tidak memiliki beberapa alat yakni bor dan mesin pres.

Solusinya adalah kita bawa ke bengkel yang memang bersedia melakukan patek kopling atau melakukan pergantian karet kopling pada motor kita. Biasanya sih bengkel biasa akan merekomendasikan bengkel bubut karena ketersediaan alat lebih lengkap di bengkel bubut.

Oh iya, karet kopling dan pakunya cukup murah harganya yakni kurang dari 100 ribu untuk motor sport 150 cc dari Yamaha. Harga tersebut belum termasuk ongkos pasang ya hehe.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript