★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Apa Yang Terjadi Jika Salah Tangani Motor Honda Yang Ngelotok ???

 

Apa Yang Terjadi Jika Salah Tangani Motor Honda Yang Ngelotok ???


Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai apa yang terjadi apabila salah dalam menangani motor Honda yang ngelotok.

 

DISCLAIMER: TULISAN INI TIDAK UNTUK MENJATUHKAN SALAH SATU MEREK DAGANG MOTOR, TETAPI INI MURNI SHARING PENGALAMAN. UNTUK FAN BOY HONDA DIMOHON UNTUK TAHAN EMOSI DAN UNTUK ASTRA HONDA MOTOR, DIMOHON UNTUK PERBAIKI KEKURANGAN NGELOTOK INI.

 

Ngelotok atau klotok-klotok merupakan suatu kondisi dimana mesin motor mengalami suara klotok-klotok. Suara ini akan tetap ada walau pun motor baru dihidupkan ataupun sudah lama dinyalakan.

 

Jadi seperti sudah menjadi kronis dan akut hehe, nah diduga ngelotok ini terjadi karena stelan tensioner atau stelan ketegangan rantai keteng atau rantai kamprat yang berkualitas kurang baik sehigga membuat rantai kamprat menjadi sering kendur dan membuat suara ngelotok.

 

Insiden ngelotok ini bisa ditemui pada motor Honda kekinian seperti All New Honda CBR 150, Honda Sonic 150, Honda CB 150, hingga Honda Supra GTR 150. Jika tidak percaya, silahkan gabung pada grup atau komunitas online pengguna motor-motor yang disebutkan di atas.

 

Kami sendiri memiliki Honda Sonic 150 di rumah dan ngelotok pada Sonic 150 pun sudah dialami. Kebetulan dari beberapa sumber dikatakan bahwa untuk memperbaiki Honda Sonic 150 yang ngelotok adalah dengan melakukan penyetelan pada tensioner rantai kamprat.

 

Setelah dilakukan apa yang terjadi? Yang terjadi adalah klep motor dari Honda Sonic 150 kami bengkok karena rantai kamprat keluar jalur.

 

Jadi jika ada anjuran untuk mengganti tensioner motor Honda atau untuk menyetel manual tensioner motor Honda, lebih baik jangan dilakukan dan lebih baik serahkan saja motornya ke AHM atau Astra Honda Motor untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan.

 

Jika harga service-nya mahal sampai berjuta-juta, kami sangat sarankan untuk menjual motornya dan beli motor dari pabrikan sebelah misal dari Ducati atau BMW hehe.

 

Kembali ke topik klep atau katup yang bengkok, kami mengalami nasib kurang enak tersebut pada satu pasang klep Honda Sonic 150 kami. Sekedar informasi, Honda Sonic 150 memiliki 2 pasang klep yakni 1 pasang klep masuk dan 1 pasang klep keluar.

 

Ketika klep bengkok, maka cara yang harus ditempuh adalah mengganti klepnya. Dan membeli klep untuk motor Honda yang masih baru tidaklah mudah.

 

Ketika datang ke AHM, stok tidak ada dan kita harus indent atau memesan dengan durasi waktu yang tidak jelas, selain itu kita juga harus lampirkan KTP dan STNK kopiannya.

 

Skip, jadi di AHM kami lewati dan kami pergi ke tempat loakan motor bekas, di sana ada klep untuk Honda Sonic 150, tetapi sayangnya si penjual hanya ingin menjual satu set dengan mesinnya wkwk ya jadi tidak jadi karena harganya terlampau mahal.

 

Beruntungnya ada penjual di salah satu marketplace yang menjual klep Sonic 150, si penjual pun kebetulan merupakan owner bengkel balap dan klep tersebut merupakan copotan dari Honda Sonicnya yang sudah diganti klepnya dengan diameter yang lebih besar (ini momen yang beruntung, karena mencari jeroan mesin motor apapun akan sulit terlebih jika motor merupakan motor dengan tahun produksi yang baru).

 

Kesimpulan dari kronologi dan artikel ini adalah bahwa jangan sepelekan ngelotok pada motor Honda dan jangan pula coba-coba mengakali ngelotok supaya sembuh dengan cara sendiri atau dengan cara membawa ke bengkel non AHM, karena jika sampai terjadi kesalahan seperti cerita kami, maka ada kemungkinan akan sulit untuk mendapatkan jeroan motor kembali.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.


Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tags:
Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript