Wajib Video Unboxing Artinya Apa?

Wajib video unboxing artinya apa? Banyak toko online yang mewajibkan adanya jenis video yang satu ini. Lalu apa sih maksudnya dan seberapa penting untuk kita mematuhinya?

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai wajib unboxing.

 

Belakangan ini, mungkin banyak pembeli di marketplace online yang kerap mendapatkan paket barang yang ada tulisan “wajib melakukan unboxingvideo”.

 

Bahkan hal tersebut diwajibkan guna memastikan tidak ada aksi tipu-tipu.

 

Mungkin ada yang menuruti anjuran atau kewajiban tersebut, sebaliknya ada juga yang acuh tak acuh dengan perintah tersebut.

 

Namun tahu gak sob? Sebaiknya lakukan saja melakukan video unboxing ketimbang nanti dipersulit.

 

Wajib Video Unboxing Artinya Apa?

Wajib Video Unboxing Artinya Apa?

Video unboxing artinya adalah video saat membuka kemasan atau mengeluarkan barang dari kemasan (biasanya berupa box/ kardus kotak, tapi kemasan lain pun mencakup maksud unboxing).

 

Unboxing sendiri terdiri dari 3 bagian yakni UN yang maksudnya sama dengan NON yakni mengarah pada makna negatif (tidak) pada suatu kata. Misal NON-aktif yang artinya adalah tidak aktif.

 

Sedangkan untuk BOX ini bisa dimaknai sebagai kotak atau kemasan di mana kemasan suatu barang memang identik dengan kemasan kotak (menggunakan kardus).

 

Untuk imbuhan ING di belakang UNBOX, maknanya adalah membuka kemasan tersebut tengan dilakukan atau sedang dilakukan.

 

Apa Pentingnya Melakukan Video Unboxing?

Tidak dapat dipungkiri jika berbelanja secara online via marketplace masih ada aksi tipu-tipunya meski tidak semarak dulu.

 

Video UNBOXING ini nantinya akan membantu pihak penengah yakni marketplace online untuk bisa mempercayai siapa yang “bermasalah”.

 

Bahkan sebenarnya melakukan video unboxing ini tidak hanya pada toko yang mewajibkannya saja, melainkan di semua toko atau barang yang bahkan tidak mewajibkan video unboxing.

 

Sebagai contoh, jika ada penjual yang mengirim barang yang tidak sesuai deskripsi, maka nantinya akan ditindak oleh pihak marketplace jika ada bukti yakni video unboxing.

 

Sebab banyak kasus di mana oknum penjual nakal mengirim barang yang tidak sesuai (misal jual HP yang dikirim malah mi instan).

 

Jika tanpa ada video unboxing, bisa jadi kita yang dituduh menipu karena mengajukan klaim palsu.

 

Dan ini benar terjadi, di mana tanpa bukti yang kuat, kita malah yang akan ditipu 2x oleh oknum penjual yang tidak bertanggung jawab.

 

Untuk itu dalam rangka berjaga-jaga, sebaiknya buat saja video unboxing meski nantinya tidak diperlukan (tinggal hapus saja jika nanti barang memang sudah sesuai).

 

Cara Membuat Video Unboxing

Video unboxing bisa menggunakan kamera HP atau pun kamera profesional, asalnya nantinya video bisa merekam dengan jelas (jangan buram atau gelap).

 

Untuk hasil lebih bagus, biasanya akan menggunakan tripot atau stand kamera, jika tidak ada bisa menggunakan sebelah tangan dengan tangan satunya membuka paket.

 

Atau bisa juga dengan menyuruh orang lain untuk memegang kamera agar bisa menyorot paket yang sedang dibuka.

 

Yang terpenting di sini adalah jangan sampai video unboxing terpotong, misal ada bagian unboxing paket yang tidak tervideo entah karena kamera menyorot ke arah lain atau karena alasan lain.

 

Selain itu, jangan juga mengedit video, misal dengan memotong video dan editing lain yang bisa membuat video jadi tidak otentik.

 

Contoh Video Unboxing

 


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x