Memori Untuk Video 4K, Perhatikan 4 Hal Ini !!!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai memori untuk video 4K.

 

Baik untuk smartphone, kamera mirrorless, atau pun action cam, faktanya kartu memori menjadi salah satu komponen yang wajib diperhatikan agar proses perekaman video beresolusi 4K dapat berjalan dengan lancar.

 

Memori Untuk Video 4K, Perhatikan 4 Hal Ini !!!!

Baca JugaUnboxing dan Review Bpro Mark 3s Black EIS, Actioncam Murah Berkualitas Termurah di Shopee

 

Kami sendiri sempat menaruh harapan lebih pada salah satu kartu memori low end (meski harganya lumayan) agar dapat merekam video beresolusi 4K pada action cam, namun faktanya kartu memori tersebut memang bisa merekam video 4K, namun kurang begitu oke.

 

Baca Juga√ Rekomendasi Kartu Memori Untuk Action Cam, Support 4K?

 

Sekedar informasi, jika kartu memori kita kurang cepat, maka proses perekaman video 4K akan menjadi patah-patah, oleh karenanya tidak heran jika banyak orang menginvestasikan uang di kartu memori yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah agar proses perekaman video bisa berjalan dengan lancar.

 

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan saat hendak membeli kartu memori untuk video 4K?

1. Kapasitas Kartu Memori

Salah satu instrumen penting dari kartu memori adalah kapasitasnya. Ini menjadi tolak ukur pertama yang biasanya diperhitungkan oleh orang awam hingga profesional.

 

Pastikan kita minimal memiliki kartu memori dengan kapasitas sebesar 64 GB untuk perekaman video 4K, lebih besar lebih bagus lagi.

 

2. Kecepatan Tulis Kartu Memori

Ini menjadi salah satu hal yang masih kurang diketahui oleh sebagian orang termasuk kami, di mana selain kapasitas, hal yang penting lainnya adalah kecepatan tulis dari kartu memori.

 

Untuk 4K, kita butuh kartu memori dengan kecepatan tulis secepat mungkin. Hal ini agar nantinya video yang telah direkam tidak mengalami patah-patah.

 

Ada beberapa kategori kecepatan pada kartu memori, dan salah satu kartu memori yang direkomendasikan untuk merekam video 4K adalah kartu memori dengan minimal kelas U3 (kelas 10).

 

Biasanya penulisan U3 ini adalah angka 3 akan ada di dalam huruf U, jadi seperti angka 3 yang ada dalam sebuah mangkuk.

 

3. Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer yang direkomendasikan adalah UHS-II karena memiliki kecepatan yang lebih baik yakni hingga 312MB/s. sayangnya untuk tingkat kartu memori U3, biasanya hanya menggunakan UHS-I yang memiliki speed hingga 104 MB/s

 

4. Kecepatan Video

Memori untuk video 4K minimal harus memiliki tanda V30 yang berarti kartu memori tersebut memiliki kecepatan tulis secara terus-menerus minimal 30 MB/s.

 

Jika punya budget, biasanya para profesional akan menggunakan kartu memori UHS-II dengan kecepatan video sebesar V90 yang punya kecepatan minimum sebesar 90 MB/s.

 

Ingat, semakin besar kecepatan kartu memori dan kapasitasnya, maka harganya pun akan semakin mahal.

 

Bagi pemula, kita bisa gunakan kartu memori Sandisk MicroSD Extreme Pro A2 U3 170MBps (64GB) 4K UHD.

 

Ingat untuk membeli yang original dan minimal berkapasitas 64 GB, sebab saat kami beli yang 32 GB, hasilnya tidak memuaskan (yang 32 GB dan 64 GB hanya beda harga 50 ribuan saja).

 

Buat kalian yang tertarik untuk membeli Sandisk MicroSD Extreme Pro A2 U3 170MBps (64GB) 4K UHD, link-nya kami sertakan di bawah ini (dijamin ori):

LINK MENUJU SHOPEE 

Jika ada budget lebih, tentu kami sarankan beli kartu memori yang lebih mahal lagi dan dengan kecepatan yang lebih tinggi.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...