Mending Cat atau Skotlet Motor ? Sini Kaum Mendang-mending, Kita Bahas Bersama

Mending cat atau skotlet motor? Ini jadi salah satu hal yang kadang menggangu tidur dan aktivitas kita karena masalah kebingungannya. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

 

Satupiston.com – assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai pewarnaan motor.

 

Mengubah bodi motor bukan hanya merubah pada aspek bentuk bodi, namun yang sering terjadi adalah pewarnaan yang diubah.

 

Di mana salah satu opsi yang kerap dilakukan adalah dengan cara melakukan pengecatan ulang (repaint) atau dengan cara melakukan skotlet full bodi.

 

Lalu, mending yang mana ya? Dari aspek budget, pengerjaan, kualitas, hingga kerusakan pada cat dasar atau cat bawaan motor, berikut beberapa perbandingannya:

1. Mending Cat atau Skotlet Motor? Lihat Dulu Aspek Biaya

Mending Cat atau Skotlet Motor ? Sini Kaum Mendang-mending, Kita Bahas Bersama

Dari segi aspek biaya, repaint atau pengecatan ulang punya potensi harga yang lebih mahal.

 

Sebab dari pengerjaannya, repaint ini cukup ribet karena harus melakukan amplas atau menghilangkan cat bawaan. Lalu memberikan cat dasar, cat utama, hingga clear.

 

Harganya pun bisa 2-5 x lipat dari sekedar melakukan penyekotletan bodi motor secara penuh.

 

Sebagai perbandingan jika pada motor bisa mengeluarkan uang sebesar 500 rb untuk skotlet full bodi dengan kualitas skotlet premium, maka di proses cat ulang bisa menghabiskan uang hingga lebih dari 2 juta rupiah.

 

2. Lama Pengerjaan

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, saat melakukan pengecatan, maka prosesnya tidak akan langsung cat begitu saja.

 

Biasanya bodi motor akan dicopot dulu kemudian cat bawaan di bodi akan dihilangkan untuk kemudian ditimpa dengan cat dasar, cat utama, hingga clear.

 

Setelah itu, akan ada proses pengeringan baik di tempat terbuka atau pun di dalam ruangan oven agar cat bisa lebih kering dan awet.

 

Sedangkan pada skotlet, pengerjaannya bisa langsung dilakukan pada bodi motor tanpa harus mencopot bodinya terlebih dahulu.

 

Jika pengecatan bisa menghabiskan waktu selama 1 minggu, maka di skotlet hanya perlu waktu 1 – 3 hari tergantung antrian hingga keribetan dalam memasang skotlet.

 

3. Tingkat Kerusakan Pada Cat Dasar

Dari segi tingkat kerusakan pada cat dasar, repaint ini jelas akan merusak cat dasar karena memang akan dihilangkan dulu agar bisa ditimpah dengan cat baru.

 

Sedangkan pada skotlet, biasanya tidak akan merusak cat bawaan motor, hanya saja biasanya akan meninggalkan bekas lem jika nantinya skotlet dilepas.

 

Satu lagi, jika saat dipasang ternyata tidak dikerjakan oleh orang yang tepat, maka efeknya cat bodi motor bisa rusak karena tersayat-sayat cutter.

 

Atau yang parah pernah kejadian yakni skotlet dipanaskan dengan korek dan malah bodi motornya terbakar.

 

4. Kualitas Yang Dihasilkan, Jadi Mending Cat atau Skotlet Motor?

Untuk kualitas yang dihasilkan, repaint atau cat ulang bisa menghasilkan kilauan yang lebih mantap jika tema pengecatan adalah glossy.

 

Sedangkan dari aspek keawetan, cat ulang juga punya keunggulan ketimbang dari skotlet, dengan catatan cat dan proses pengerjaan dalam prosedur yang baik.

 

Skotlet menawarkan kemurahan dan juga pengerjaan yang cepat, namun skotlet ini cenderung tidak awet dan kadang banyak gelembung-gelembungnya.

 

Sedangkan cat atau repaint menawarkan kualitas yang lebih bagus dan awet namun dengan pengerjaan yang lebih lama dan harga yang lebih mahal.

 

5. Kecocokan Dengan Desain Bodi

Cat cenderung bisa diaplikasikan pada banyak desain bodi baik yang simpel atau pun yang banyak lekukannya.

 

Sedangkan untuk skotlet, cenderung terbatas, sehingga jika bodi banyak lekukannya, maka bisa saja tidak dapat dipasangi dengan skotlet.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x