Cara Mengecat Bodi Motor Menggunakan Cat Semprot Kaleng Agar Awet dan Mengkilap




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel satupiston.com. Kali ini kita akan membagikan cara bagaimana mengecat bodi motor menggunakan cat semprot kalengan agar awet dan mengkilap.


Nah cat semprot kalengan sendiri banyak digunakan karena lebih praktis, terlebih jika kita hanya mengecat bagian yang tidak begitu banyak.

Cat semprot kalengan sendiri sering disebut dengan cat pilok, hal tersebut merujuk pada salah satu merk cat semprot kalengan yang sudah menjadi brand image produk cat semprot kalengan yakni cat semprot kalengan merk Pylox.

Sebenarnya sangat banyak sekali cat semprot dalam kemasan kaleng yang dapat kita gunakan, mulai dari merk Suzuka, Samurai, dan  merk lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu.

Dari cat semprot kalengan tersebut, kita dapat menghasilkan hasil warna yang tidak kaleng-kaleng. Syaratnya adalah ada beberapa prosedur yang harus dilakukan.

Contohnya adalah hasil cat bodi motor kami di bawah ini.

Cara Mengecat Bodi Motor Menggunakan Cat Semprot Kaleng Agar Awet dan Mengkilap


Gambar di atas adalah bodi belakang yang kami cat ulang dengan warna hitam kilap. Warna awalnya adalah warna merah seperti gambar berikut.

Cara Mengecat Bodi Motor Menggunakan Cat Semprot Kaleng Agar Awet dan Mengkilap


Bodi belakang motor yang kami cat ulang berbahan fiberglass. Untuk kita yang akan mengecat bodi yang terbuat dari fiberglass, sebaiknya berhati-hati dalam memegang bodi fiberglass bagian dalamnya, karena bahan fiberglass dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Nah langsung saja kita bahas cara mengecat bodi motor menggunakan cat semprot kaleng yang baik dan benar agar hasil pengecatan menjadi mengkilap dan tahan lama atau awet.

Berikut alat bahan yang harus dipersiapkan serta penjelasannya:

1. Amplas kasar dan halus.

Amplas ini digunakan untuk mengikis pernis atau clear bawaan dari bodi motor. Untuk pengikisan pertama gunakan amplas kasar dengan nomor 200 atau 100, silahkan saja kita ke toko alat-alat bangunan dan sebutkan nomor amplasnya. Kemudian setelah dirasa pernis atau cat pada bodi motor sudah terkikis, kita gunakan amplas halus dengan nomor 400 atau 600 untuk menghaluskan atau memperkecil pori-pori dari bodi motor.

Nah untuk bodi motor dengan bahan baku plastik, kita harus benar-benar membuat permukaan bodi tersebut telah teramplas. Karena jika tidak, maka cat tidak mau menempel. Pastikan pula tidak ada minyak atau kotoran yang tertinggal di bodi motor, karena hal tersebut dapat menyebabkan cat tidak menempel dengan sempurna.


2. Cat dasar berwarna putih atau hitam atau abu-abu

Untuk kita yang akan mengecat bodi motor dengan warna hitam, putih atau abu-abu, maka kita langsung saja menggunakan warna tersebut tanpa diberikan warna dasar. Tetapi jika ingin mengecat warna lain semisal hijau stabilo, maka kita wajib menggunakan cat dasar putih.

3. Cat utama non warna dasar

Cat utama adalah warna cat utama yang nantinya akan kita bidik atau tonjolkan. Bila kita ingin menggunakan warna stabilo, maka kita siapkan cat semprot kaleng warna stabilo. Tetapi jika kita ingin menggunakan warna putih atau hitam, maka warna dasar sudah termasuk warna utama. Itu artinya, kita hanya perlu menggunakan satu warna saja yakni warna utama.

4. Clear atau pernis




Cara Mengecat Bodi Motor Menggunakan Cat Semprot Kaleng Agar Awet dan Mengkilap


Clear atau pernis adalah senjata andalan agar warna cat kita dapat awet serta lebih mengkilap. Pernis sendiri merupakan bagian cat semprot yang warnanya bening seperti air, itu sebabnya bila kita melihat bodi motor, kita seolah bisa bercermin karena ada kilapan yang seperti pada air.

Diusahakan menggunakan pernis yang satu merk dengan cat dasar serta cat utama. Hal tersebut agar bahan baku pernis dan cat dapat sama dan  hasli pernis jadi makin maksimal. Pernis juga berlaku untuk cat dengan tema doff atau mati atau tanpa kilap. Hanya saja kedua pernis tersebut memiliki fungsi yang sedikit berbeda.

Pernis untuk pengkilap berfungsi untuk membuat kilap dan pernis doff berfungsi untuk membuat cat menjadi lebih gelap. Kendati sedikit berbeda, namun fungsi utamanya sama yakni membuat cat lebih awet.

5. Pengkilap bodi

Yang terakhir adalah pengkilap bodi motor. Kita bisa gunakan pengkilap bodi motor sejuta umat dari Kit. Fungsinya untuk apa? Fungsinya untuk mengkilapkan bodi motor setelah selesai dijemur atau setelah pengerjaan pengecatan kita selesai.

Biasanya ketika telah dilakukan proses pernis, ada lapisan yang membuat bodi menjadi lebih buram. Untuk mengkilapkan keburaman tersebut, maka kita gunakan Kit atau pengkilap bodi motor lain. Dengan catatan, pengerjaannya dilakukan setelah cat benar-benar kering. Hal tersebut agar ketika kita mengkilapkan bodi, tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya cat malah penyok karena belum kering dan masih lunak.

Nah untuk proses pengecatannya sama seperti pengecatan lain dengan cara diseprotkan. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

1. Lakukan pengecatan di tempat terbuka dan hindari kontak cahaya matahari secara langsung.
2. Perhatikan jarak semprotan cat dengan bodi. Jarak yang ideal adalah sekitar 30 cm.
3. Lakukan pengecatan secara berlapis. Cat tipis-tipis yang berulang akan lebih baik ketimbang cat yang tebal namun berulang.
4. Keringkan bodi motor minimal setengah hari dan usahakan berada di tempat yang berangin.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai disini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengecat Bodi Motor Menggunakan Cat Semprot Kaleng Agar Awet dan Mengkilap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel