Persamaan Filter Oli Xabre Bisa Menggunakan Filter Oli Mana?

Permsaan filter oli Yamaha Xabre, ternyata bisa dimenggunakan filter oli dari motor sejenis dari Yamaha. Wah, kira-kira motor apa ya?Untuk itu, mari kita bahas di artikel ini.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai substitusi filter oli Xabre.

 

Filter oli adalah salah satu elemen yang kadang terlupakan, di mana ini adalah penyaring kotoran yang biasa ada pada oli mesin.

 

Pada mesin berjenis 4 tak seperti Xabre, biasanya oli mesin ini melumasi bagian transmisi seperti kopling dan sekaligus melumasi bagian piston dan ruang bakarnya.

 

Mengingat bagian kopling biasanya cenderung kotor karena kampang kopling sering “luntur”, maka wajib hukumnya oli tersebut disaring sebelum masuk ke ruang bakar.

 

Jika tidak, sudah pasti ruang bakar akan mudah baret karena banyak kotoran masuk ke ruang bakar.

 

Persamaan Filter Oli Xabre

Yamaha Xabre menggunakan saringan oli atau filter oli yang serupa dengan beberapa motor Yamaha lain seperti Vixion old, Vixion NVL, Vixion NVA, New Vixion LED BK8, Jupiter MX 150, MX King, hingga R15 V2.

 

Karena Xabre ini cenderung susah ditemukan di jalanan dan ada kemungkinan beberapa part cukup susah didapat, maka tentu kita akan khawatir mengenai perawatan dan pergantian part dari motor Xabre.

 

Namun jangan terlalu cemas, sebab beberapa part dari Xabre bisa saling tukar dengan motor di atas, seperti salah satunya adalah bagian saringan olinya.

 

Kode Part Filter Oli Yang Bisa Digunakan Xabre

Salah satu filter oli yang bisa dipasangkan pada Yamaha Xabre adalah filter oli dengan kode 1S7-E3440-00.

 

Tentu saja, filter oli tersebut adalah dari Yamaha, jika aftermarket, maka kode part-nya akan berbeda.

 

Filter Oli Kertas Apakah Bagus?

Secara umum, kebanyakan filter oli bawaan motor menggunakan saringan yang berbahan baku dari semacam kertas.

 

Pada dasarnya itu bagus, namun filter oli dengan jenis ini biasanya hanya digunakan untuk sekali pakai saja.

 

Sedangkan jika ingin menggunakan filter oli aftermarket, maka kita bisa gunakan filter oli yang saringannya terbuat dari kawat yang tahan panas.

 

Persamaan Filter Oli Xabre Bisa Menggunakan Filter Oli Mana?
Ilustrasi

Filter oli yang dari kawat memang harganya lebih mahal, namun mampu menekan biaya perawatan karena biasanya di interval pemeriksaan filter oli berikutnya hanya tinggal dibersihkan saja tanpa diganti.

 

Kapan Waktunya Ganti Filter Oli?

Filter oli mesin biasanya akan diganti di interval tertentu, ada yang memilih mengganti per 2 x ganti oli, per 3 x ganti oli, hingga per 4 kali ganti oli.

 

Namun dari acuan kami, biasanya kami mengganti filter oli mesin per 10.000 Km sekali, bertepatan dengan pergantian busi.

 

Artinya jika kami mengganti oli tiap 2.500 Km sekali, maka pergantian filter oli dilakukan per 4 x setelah ganti oli.

 

Kapasitas Oli Setelah Ganti Filter Oli

Tergantung dari spek mesin, biasanya saat ganti filter oli, maka takaran oli mesin akan ditambah mulai dari 0.1 liter hingga 0.2 liter.

 

Yang jelas adalah takaran oli mesin setelah ganti oli jangan sampai kurang dan tidak sama dengan takaran oli saat pergantian oli mesin secara periodik.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x